oleh

Buruh Sampah Butuh Perhatian Pemkot Manado

A-TIMES.ID, MANADO – Komisi 3 DPRD Kota Manado beberapa waktu lalu turun lapangan di beberapa titik. Target wakil rakyat ini yang dipimpin Ketua Komisi Ronny Makawata, salah satunya soal petugas kebersihan.

Akan tetapi setelah melihat langsung di lapangan dan berkoordinasi dengan beberapa camat, petugas kebersihan tidak dilengkapi perlengkapan.

“Kami dapati di lapangan para pekerja ini tidak dilengkapi dengan perlengkapan layaknya petugas kebersihan. Misalnya sepatu bots, sarung tangan, mantel hujan dan lainnya,” kata Anggota Komisi 3 Lucky Datau.

Berita Terkait:  Masalah Ibu Kota Terangkat di Reses Legislator AK

Pihaknya pun langsung koordinasi dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan beberapa Camat yang ada di Kota Manado.

“Memang salah satu camat mengaku tidak ada. Dan menurut Kadis DLH, nanti akan dianggarkan dan diusulkan di APBD Perubahan,” tandasnya.

Selain itu juga, lanjut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, keluarga para petugas kebersihan ini tidak masuk asuransi.

“Asuransi kesehatan para pahlawan kebersihan/sampah ini, keluarganya ternyata tidak masuk. Baik istri/suami dan anak. Nah, kalau mereka ada yang sakit, mereka terpaksa harus pinjam uang untuk berobat. Itu kata salah satu pekerja pada kami,” bebernya.

Berita Terkait:  Sinergitas ODSK-AARS Nyata, Pembangunan di Manado Sedang Berjalan

Ke depan, pihaknya berharap Pemerintah Kota yang baru ini bisa menjawab derita para pahlawan kebersihan/ sampah yang setiap hari berhadapan dengan kuman dan sarang penyakit. (***)

Editor: Amrain Razak
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: Harimanado

Komentar

Rekomendasi Berita