Alhamdulillah kata Ribuan Guru, Pemkab Gorontatalo Bayarkan TPG Bulan Desember 2023

A-TIMES,LIMBOTO – Puji syukur Alhamdulillah terucap dari ribuan guru Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Pasalnya Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo telah membayarkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau sertifikasi untuk bulan Desember tahun 2023, Senin (26/2/2024).

Ribuan guru tersebut Menerima TPG bervariasi. Misalnya,Untuk guru TK, menerima sebesar Rp2.981.962. Sementara guru SD dan SMP masing-masing senilai Rp3.172.782 dan Rp3.307.014.

Diketahui, para guru penerima TPG itu dengan rincian pengajar taman kanak-kanan (TK) sebanyak 210 orang, sekolah dasar (SD) sejumlah 990 orang, sekolah menengah pertama (SMP) sebanyak 506 orang,dan pengawas sekolah 55 orang. Lebih rinci, guru PNS ada 1.670 orang, sedangkan non-PNS 91.

Berita Terkait:  Mantan Bupati Minut Tinggalkan Dosa Dana Virus Corona 61 Miliar

Saat ditemui usai kegiatan itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, penundaan pembayaran sertifikasi guru ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena di akhir tahun 2023 lalu Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga harus membayar dana hibah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 sekitar Rp17 miliar.

“Penundaan pembayaran sertifikasi guru ini bukan kehendak kita, tapi karena keuangan yang terbatas. Apalagi waktu itu kita juga membayar dana hibah untuk pilkada sekitar Rp17 miliar kepada KPU dan Bawaslu,” pungkas Bupati Nelson.

Berita Terkait:  Sisihkan 16 Finalis, Mahasiswi Manado Wakili Indonesia di Berlin

Dibayarkannya tunjangan ribuan guru ini Bupati Nelson mengaku senang para guru memahami penjelasannya soal penundaan pembayaran sertifikasi tersebut.

Ia juga berharap hal ini bisa membuat para guru semakin semangat dalam menjalankan tugas ke depan, apalagi bulan suci Ramadan semakin dekat.

” anggaran yang digunakan kalau rata rata 3 juta perorang maka untuk membayar sertifikasi guru ini sekitar Rp6 sampai Rp7 miliar,” tandas Nelson.(sal)

 

 

Komentar