oleh

7 Kebiasaan Bikin Perut Buncit

A-TIMES.ID, JAKARTA – Sebagian orang rela menghabiskan banyak waktu dan uang agar memiliki perut yang sixpack. Namun, tahukah Anda, ada beberapa kebiasaan makan yang tanpa disadari membuat perut membuncit ?

Banyak orang tak ingin perutnya buncit. Selain bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri, perut buncit juga berisiko tinggi menjadi diabetes. Terlebih, lemak perut dikenal lebih sulit ‘susut’ daripada lemak di bagian tubuh lainnya.

Tapi, perut buncit tak hanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Kebiasaan dan cara makan juga bisa membuat perut Anda buncit tanpa disadari. Kebiasaan makan lewat dari jam 9 malam, makan dalam jumlah banyak sekaligus, hingga makan makanan siap saji dapat membuat perut menjadi buncit.

Kebiasaan makan sepele lainnya juga tanpa disadari bisa membuat perut membesar. Agar perut tetap ideal, berikut beberapa kebiasaan makan yang sebaiknya Anda hindari.

Berita Terkait:  Tetap Cantik Alami Selama Bulan Puasa

1. Tidak menikmati makanan

Mengutip Eat This Not That, Anda mungkin terlalu terpatok pada menu diet yang rendah kalori dan berisi hanya sayuran serta buah. Ketika Anda merasa tidak dapat menikmati makanan, pikiran akan ‘ngidam’ makanan yang Anda inginkan dan perasaan tersebut sulit diabaikan.

2. Makan di meja kerja

Makan di meja kerja mungkin bakal meringkas waktu. Anda bisa makan sambil memonitor pekerjaan di layar komputer. Namun, makan siang di meja kerja ternyata dapat membuat ukuran pinggang jadi lebih besar.

3. Makan ketika stres

Stres bisa membuat Anda semakin gemuk. Mengutip Everyday Health, saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda ingin makan makanan yang tidak sehat.

4. Makan sambil nonton TV

Makan sambil menonton serial favorit bisa membuat lingkar pinggang bertambah. Sebuah studi di Vermont University menemukan bahwa orang obesitas yang mengurangi waktu menonton TV hingga 50 persen sehari bisa membakar 119 kalori.

Berita Terkait:  Tips Atasi Keringat Ketiak

5. Makan sambil berdiri

Beberapa orang mungkin tak punya waktu untuk makan siang sehingga makan sandwich atau hamburger sambil berjalan ke kantor. Jika Anda salah satunya, sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang juga.

6. Makan di kamar

Tak hanya makan sambil menonton TV, makan di kamar tidur juga bisa berkontribusi pada kenaikan berat badan Anda.

7. Makan sambil mendengar musik

Sebaiknya Anda tidak makan sambil mendengarkan musik. Menurut Food Quality and Preference Study, orang yang mendengarkan musik dengan headphone sambil makan bakal mengonsumsi lebih banyak makanan dibanding mereka yang makan tanpa mendengarkan musik. (***)

Editor: Amrain Razak
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: CNNI

Komentar

Rekomendasi Berita