oleh

5 Manfaat Sehat Air Kelapa Temani Buka Puasa

A-TIMES.ID – Air kelapa merupakan salah satu jenis minuman yang kerap menemani waktu berbuka puasa. Selain memang bisa melepas dahaga, air kelapa memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, lho.

Minuman favorit banyak orang ini mengandung mineral elektrolit yang bisa mengembalikan energi tubuh dengan menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang. Jadi, air kelapa memang cocok diminum saat berbuka puasa untuk mendongkrak energi usai seharian berpuasa.

Dikutip dari laman Good Housekeeping, berikut 5 manfaat air kelapa yang harus diketahui.

1. Alternatif minuman manis

Saat berbuka puasa, umat Muslim dianjurkan untuk mengonsumsi minuman atau makanan manis. Alih-alih memilih minuman dengan kandungan gula tinggi, seperti jus atau soda, kamu bisa memilih air kelapa untuk minuman berbuka puasa.

Tak seperti minuman manis lainnya, air kelapa hanya mengandung sangat sedikit gula. Sehingga, air kelapa juga bisa dijadikan alternatif oleh pasien pengidap diabetes yang menjalankan ibadah puasa.

Berita Terkait:  Pasien Covid-19 Puasa Ramadhan?

2. Bantu turunkan berat badan

Cukup hidrasi merupakan hal penting untuk memberikan nutrisi sel-sel serta meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh. Kebanyakan orang sering kali menyalahartikan rasa haus dengan rasa lapar, sehingga hal ini kerap menyebabkan naiknya berat badan karena makan berlebih.

Air kelapa bisa dijadikan sebagai alternatif saat sedang lapar. Meski mengandung lebih banyak kalori dari air putih, air kelapa mengandung lebih sedikit kalori daripada minuman manis lainnya. Dengan demikian, kamu bisa mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.

3. Memperlancar pencernaan

Kandungan magnesium yang ditemukan dalam air kelapa bisa membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh, lho. Walhasil, kamu jadi terhindari dari masalah gangguan pencernaan, seperti sembelit.

4. Menurunkan tekanan darah

Pisang terkenal atas kandungan potasiumnya yang tinggi. Namun, tahukah kamu bahwa satu cangkir air kelapa mengandung lebih banyak potasium daripada satu pisang berukuran sedang? Menurut penelitian, diet tinggi potasium dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya stroke.

Berita Terkait:  Amalan yang Bisa Dikerjakan pada Malam Nuzulul Quran

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Saat berpuasa, tubuh tentunya akan kekurangan cairan, sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan terlihat kusam. Minum air kelapa saat berbuka puasa dapat membantu mengembalikan cairan harian yang dibutuhkan oleh tubuh yang bisa membantu sirkulasi dan membuat kulit tampak bercahaya.

Selain itu, beberapa jenis air kelapa juga mengandung vitamin C yang memiliki zat antioksidan, sehingga kulit bisa menstimulasi lebih banyak kolagen. Dengan meningkatnya produksi kolagen dalam tubuh, maka kulit akan menjadi lebih kencang dan tampak lebih muda. (*)

Editor: Amrain RAzak
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: Detik

Komentar

Rekomendasi Berita