Setelah Penghargaan Bergengsi, ESDM Berikan Penghargaan J RESOURCES Group dengan TAMASYA AWARD 2023

A-Times.com,MANADO—  PT J Resources. mampu membuktikan dirinya perusahaan tambang skala nasional yang punya komitmen pengembangan dan pemberdayaan masyarakat  sekitar lingkar tambang.

Komitmen itu dibalas dengan penghargaan demi penghargaan. Mulai dari penghargaan bergengsi Subroto Award untuk program kakao, hingga award dari kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

banner 728x90 banner 728x90

Seperti yang diterima dua anak usaha J Resoureces yaitu PT J Resources Bolaang Mongondow (PT JRBM) dan PT Arafura Surya Alam (PT ASA). Keduanya dapat penghargaan Tambang Menyejahterakan Masyarakat (Tamasya) Award 2023 dari Kementerian ESDM.

PT JRBM untuk Kinerja Pendidikan melalui Pengembangan Program Vocational Internship bagi Masyarakat Lingkar Tambang, dan PT ASA untuk Kategori Kinerja Bidang Pendidikan dalam Bentuk Pengembangan Kapasitas untuk Mendukung Kesiapan Tenaga Kerja. Dua program ini menunjukkan komitmen kuat J Resources kepada Pembangunan Berkelanjutan melalui Sustainable Development Goals (SDGs).

Berita Terkait:  Usai Lantik Baznas Sulut, Wagub Sebut Banyak Bantu Pemprov Sulut, AT: Baznas Bukan LSM atau Ormas

Award diberikan lantaran PT JRBM ikut mengembangkan potensi perkebunan di 14 desa lingkar tambang sekitar Tambang Bakan di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

PT JRBM lakukan kolaborasi dengan Ibu-Ibu PKK Desa Moposi, Kecamatan Lolayan.

Warga dilatih dan dididik mengolah pisang dan kacang menjadi makanan ringan yang higienis dan estetis. Makanan ringan itu sudah dikomersilkan keluar daerah.

Program ini memberi kontribusi juga kepada pencapaian Tujuan 1 SDGs Tanpa Kemiskinan serta Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas.

Selanjutnya PT ASA  yang baru tahap konstruksi  ikut mendorong kemajuan pendidikan melalui program ASA Mengajar di SMKN 1 Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Sebanyak 150 murid tersebut karyawan PT ASA ikut mengajar beberapa subyek antara lain pertambangan, keselamatan kerja, serta lingkungan yang disertai praktek menanam pohon. Dari program ini diharapkan dapat memberi pemahaman mengenai pertambangan serta memberi inspirasi kepada para siswa. Program ini menjawab tantangan Tujuan 4 SDGs yaitu Pendidikan Berkualitas.

Berita Terkait:  GSVL Apresiasi Kinerja Polda Sulut

“Sesuai konteks perusahaan, J Resources berusaha terus mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk menjawab tantangan aspek Economy, Social dan Governance atau akrab disebut ESG. Perusahaan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat lingkar tambang atas peran aktif dan kerja samanya dalam menjalankan program bersama yang membawa banyak manfaat,”ujar Anang Rizkani Noor selaku Presiden Direktur PT J Resources Bolaang Mongondow serta Direktur Utama PT Arafura Surya Alam.(lyp)

Komentar