oleh

Untuk Tingkatkan Kapasitas Anggotanya, Pemkab Bolsel Kumpul Semua BPD Se-Bolsel di Manado

A-TIMES, BOLSEL- Bupati Bolmong Selatan Hi Iskandar Kamaru SPt mengingatkan betapa penting kualitas sumber daya manusia (SDM). Termasuk SDM di lembaga di bawah Pemkab Bolsel seperti  Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Untuk meningkatkan kualitas dan kapabalitas maka Pemkab Bolsel melakukan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Badan Permusyawaratan Desa tahun 2022.

Pelatihan dibuka Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru S.Pt di Hotel Aston Manado Selasa, (25/10).

Melalui kegiatan tersebut, Bupati Iskandar Kamaru mengapresiasi terlaksananya Bimtek ini, karena berguna dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapabilitas BPD.

Berita Terkait:  Ketua POSSI Bolsel Siap Jalankan Amanat di Pengukuhan POSSI Sulut

“Bagi saya, Bimtek ini adalah upaya meningkatkan kualitas BPD sebagai bagian dari Sistem Perencanaan Pembangunan di Desa serta meningkatkan Kemampuan Teknis dalam Penyusunan Produk Hukum di Desa,” kata Iskandar ketika membuka kegiatan tersebut.

Presidium KAHMI Sulut menambahkan bahwa  pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan di desa, semuanya tidak lepas dari Keterlibatan Badan Permusyawaratan Desa yang melakukan langkah-langkah strategis untuk pengambilan keputusan proses Perencanaan Pembangunan Desa.

Berita Terkait:  Wabup Bolsel Hadiri Dies Natalis Ke-II UBM Gorontalo

“Untuk itu dalam pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) tentu dilaksanakan oleh BPD yang kemudian difasilitasi oleh Pemerintah Desa.
Dalam Pelaksanaan Fungsinya, BPD memiliki Fungsi ; Membahas dan Menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, Menampung dan Menyalurkan Aspirasi Mongondow Desa, dan Melakukan Pengawasan Kinerja Kepala Desa,”tambah Kamaru.

Sebagai informasi, hadir pada kegiatan tersebut Asisten I, Kepala SKPD beserta Peserta Undangan BPD dari Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).
(Hen).

 

Komentar

Rekomendasi Berita