Unsrat Wisuda Daring 1.159 Sarjana Baru

A-TIMES.ID, MANADO – Sebanyak 1.159 sarjana kembali dilahirkan Civitas Akademica Universitas Sam Ratulangi, Manado.
Ribuan sarjana baru itu dikukuhkan oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA, melalui wisuda daring, Kamis (20/5) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Rektor Unsrat Ellen Kumaat mengatakan, semua yang diwisuda sudah mendapatkan pengakuan akademik.

Dan langkah selanjutnya adalah mendapatkan pengakuan di tengah masyarakat luas sebagai akuntabilitas dari gelar akademik yang telah diraih

“Saudara-saudara dituntut untuk berorientasi bahkan berevolusi dengan perkembangan zaman serta perubahan global yang tidak pernah sepi. Dunia sekarang memasuki era society 5.0 yang ditandai dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu berpikir kompleks, kritis, kreatif, tetapi juga cakap berkoordinasi dengan orang lain,” tegas Kumaat memberi semangat.

Berita Terkait:  Rektor-JaLA Kristen Gelar Aksi Peduli Lingkungan

Dijelaskan Kumaat, society 5.0 merupakan “A New Humanism” yang menawarkan pendekatan baru untuk memecahkan berbagai persoalan sosial. Dengan hadirnya pandemi di era ini, kata Kumaat, dunia dituntut untuk mengembangkan berbagai strategi kemanusiaan sebagai respon atas kondisi itu.

Kumaat juga berharap, wisuda bukanlah akhir perjuangan, melainkan awal dari perjuangan yang sesungguhnya, lepas dari kampus pembelajaran sejati dimulai. Never Stop Learning (jangan pernah berhenti belajar, red), terus membuka diri untuk hal-hal yang baru.

Berita Terkait:  Walikota Suport Siswi MAN Model Ikuti Pertukaran Pelajar di Amerika

“Ingatlah selalu akan kecerdasan kemanusiaan sebagai modal dasar untuk mengelola literasi data dan teknologi, juga keseimbangan antara pengetahuan, keterampilan dan sikap serta etika jangan dilupakan,” ucap Kumaat.

Kumaat berpesan, untuk menjalani hidup dengan penuh semangat, apapun kondisinya, always give your best. (***)

Editor: Amrain Razak
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: Jawapos

Komentar