oleh

Program Pemkot Bitung Dipuji Menkop Teten, Tapi Sindir Solar Nelayan Bitung

 

Menkop Teten Masduki (tengah) didampingi Wakil Wali Kota Hengky Honandar pekan lalu

Peliput/Editor: Lily Paputungan

A–TIMES,BITUNG— Menkop dan UKM Teten Masduki memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Bitung.

Pujian Teten ditujukan kepada Wakil Wali Kota Hengky Honandar dan Sekda Ign Rudy Theno saat Menkop meninjau Program Solusi Nelayan Bitung Sabtu (22/09).

Hoanandar menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Bitung merasa tersanjung atas support yang selama ini selalu diberikan oleh Menkop ke pemerintah dan masyarakat Kota Bitung.

“Semoga silahturahmi yang terjalin pada hari ini akan menambah semangat pelaku usaha perikanan khususnya nelayan dalam mendukung kebangkitan perekonomian di era pandemi COVID-19 sehingga kita dapat berkembang menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Berita Terkait:  Mantiri Laporkan Rapor Pembangunan di Rakorev se Sulut

Menkop UKM menyampaikan beberapa poin antara lain ia
mendengar bahwa koperasi di Bitung sudah mengelola solar untuk nelayan.

Namun, alokasinya sering tidak sesuai. Tidak bisa mencukupi kebutuhan. Semisal kebutuhannya 200 ribu liter; ternyata alokasinya 100 ribu liter per bulan.

Atau, sebaliknya ada yang kelebihan.  Hal ini dapat terjadi karena belum semua nelayannya terdata; atau koperasinya belum punya sistem digital; atau karena salah sasaran.
Program solar untuk koperasi nelayan ingin menjawab 2 hal yakni. memastikan nelayan mendapatkan akses solar secara mudah dan membeli dengan harga normal—bukan harga eceran.

Berita Terkait:  Resmikan Tol Manado-Bitung, Presiden Optimis PE Bakal Lebih Baik

” Hari ini kita mulai perkuat peran koperasi agar penyaluran BBM lebih akurat. Kalo alokasinya kurang, maka koperasi bisa menyalurkannya hanya kepada anggota yang terdata; tidak boleh ke luar dari anggota,” katanya.

Ia menambahkan 60% kebutuhan melaut adalah BBM; maka keberhasilan program Solusi akan memacu pertumbuhan ekonomi perikanan di Sulawesi Utara. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita