oleh

PERAYAAN HAKORDIA – Sulut Peringkat Dua Nasional Pencegahan Korupsi

A-TIMES,MANADO — Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Di penghujung tahun 2021 ini, Sulut mendapatkan penghargaan sebagai provinsi terbaik nasional dalam upaya pencegahan korupsi.

Prestasi membanggakan itu disampaikan langsung Ketua PKK Firly Bahuri, saat pearayaan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) pada Kamis 9 Desember 2021. Pemprov Sulut menempati posisi kedua terbaik setelah Provinsi Jawa Barat yang menempati posisi pertama.

Kegiatan yang dilaksanakan KPK RI tersebut digelar secara virtual, dan diikuti Wagub Sulut Drs Steven O.E Kandouw dari ruang Command Center kantor gubernur.

Menurut Wagub Kandouw, prestasi ini patut menjadi daya dorong bagi seluruh ASN Pemprov Sulut. “Hal ini  menjadi motivasi bagi kita semua untuk menciptakan good and clean governance. Jadi tidak hanya bendahara, Kuasa Pengguna Anggaran dan PPK, tetapi kita semua harus berpikir good and clean governance,” katanya Kamis (9/12/2021).

Berita Terkait:  AARS Lantik 80-an Pejabat Pemkot Manado

Sebagaimana diketahui, Monitoring Center for Prevention (MCP) adalah salah satu instrumen dalam pemberantasan korupsi di daerah. MCP adalah aplikasi yang dikembangkan oleh KPK untuk memudahkan monitoring upaya koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi yang dioperasikan salah satunya oleh pemerintah daerah. Sistem MCP juga merupakan bentuk implementasi mitigasi atas resiko korupsi melalui pemantauan perbaikan dalam 7 area rawan korupsi dan 1 area penguatan institusi.

Berita Terkait:  Pemprov Sulut Karantina 126 TKA China

Menurut Kepala Inspektorat Daerah Provinsi Sulut, Drs Meiki Onibala MSi, area intervensi MCP KPK RI meliputi perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu atau perizinan, kapabilitas APIP, manajemen ASN optimalisasi pendapatan daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola keuangan desa.

Tujuannya, MCP mendorong pemerintah daerah dapat melakukan transformasi nilai dan praktek pemerintahan daerah sehingga tercipta  tata kelola pemerintahan yang baik. Selain itu, MCP Provinsi Sulut rangking 2 tingkat nasional pada tahun 2020 dan pada tahun 2021 berada pada rangking 2 tingkat nasional. (*)

Peliput : Lily Paputungan
Editor   : Amrain Razak
Layout  : Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita