oleh

Pembukaan FPSL 2022 Spektakuler 4 Tari Kolosal Hipnotis Gubernur OD

Peliput/Editor: Lily Paputungan

A–TIMES,BITUNG- — Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2022 telah dimulai sejak Kamis (06/10)sore.

Daya tarik iven tahunan ini amat besar. Belasan ribu orang tersebar di beberapa lokasi iven skala internasional. Para kepala daerah di Sulut tampak hadir di deretan panggung utama.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey didaulat membuka FPSL 2022 yang bertema Let’s Explore With Happiness.

Olly Dondokambey didampingi Walikota Ir.Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, serta perwakilan dari Menparekraf, Dadang Rizky Ratman.

Sebelum membuka FPSL 2022, Olly Dondokambey menyampaikan apresiasi terhadap pelaku usaha Sulut, termasuk di Kota Bitung, lantaran mampu berjuang bersama melalui pandemi Covid-19.

Berita Terkait:  Mantiri Gratiskan Pala Iuran BPJS Kesehatan

“Di saat-saat pandemi Covid-19, ekonomi Sulut meluncur ke atas 5,93 persen. Ini karena kerja sama seluruh masyarakat dan pelaku usaha Sulut dan pemerintah, dengan TNI dan Polri,” kata Dondokambey.

Usai menyampaikan sambutan Olly didampingi Maurits dan Honandar bersama perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka event FPSL 2022, diikuti bunyi sirene peresemian kegiatan.

Perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dadang Rizky Ratman, dalam sambutannya, mengusulkan agar pemerintah Kota Bitung rutin mengadakan festival, untuk menunjang ekonomi daerah.

“Dalam pengertian pariwisata, yang datang dari luar Kota Bitung itu wisatawan Nusantara. Penyelenggara kalau perlu dalam setahun beberapa kali Festival karena, begitu festival, teman-teman UMKM itu langsung transaksi meraih pendapatan,” ucap Dadang.

Berita Terkait:  IRT Bolsel Tuntut Keadilan, Merasa Dijebak Gunakan Narkoba, Hingga Ditahan 2 Bulan, Kapolres: Para Oknum Lagi Sidang Etik

Selain itu, Dadang juga berharap event seperti ini dapat melestarikan tradisi sosial budaya seperti tarian kolosal yang ditampilkan.
“Mudah-mudahan, tradisi tari dan budaya bisa kita lestarikan di kegiatan-kegiatan event seperti ini,” tambahnya.
Opening ceremony FPSL 2022, dimeriahkan dengan pembentangan bendera merah putih sepanjang 27×6 meter, dan berbagai penampilan budaya, mulai dari tarian kolosal Kota Bitung yang terdiri dari Tarian Cakalang, Tari Dampar Soma dan Tari Kopra, dan Tarian Kabasaran. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita