oleh

Pemaparan Program Dekranasda dari First Lady Bitung Pukau Istri Gubernur, Bupati dan Wali Kota se Sulut

Peliput/Editor: Lily Paputungan

Foto: PROAKTIF: Ketua Dekranasda Bitung Rita Mantiri-Tamutuan saat paparkan program di arena Rakerda(*)

A–TIMES,BITUNG– Ketua Dewan Kerajinan Nasioanal Daerah (Dekranasda) Kota Bitung Rita. A. L. Mantiri – Tangkudung, ST memberikan presentasi kegiatan Dekranasda di Kota Bitung saat rapat kerja daerah (Rakerda) Dekranasda Sulut di Hotel Luwansa, Rabu (14/09/2022).

First lady Kota Bitung menjelaskan Dekranasda Bitung sementara kembangkan batik khas Bitung. Telah dijajaki kerja sama dengan balai besar kerajinan dan batik Yogyakarta dalam bentuk memorandum of understanding (MoU).

“Kami telah lakukan kerja sama pengembangan industri kecil menengah kerajinan dan batik di Kota Bitung, serta surat perjanjian kerja sama tentang optimalisasi teknologi proses pengembangan desain batik, canting cap dan contoh produk batik khas Kota Bitung,”kata Rita.

Berita Terkait:  Pemkot Sumbang 10 Hewan Kurban Idul Adha

Rakerda Dekranasda dibuka Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. Rakerda dipimpin Ketua Dekranasda Sulut Rita Dondokambey Tamuntuan. Dihadiri semua ketua Dekranasda kabupaten dan kota di Sulut. Kadis Perindag Sulut dan pejabat Pemprov Sulut lainnya.

Selain presentase Dekranasda Bitung, para ketua Dekranasda daerah lain juga didaulat untuk memberi laporan.

Rita Mantiri menambahkan kegiatan yang telah dilakukan di antaranya menerima kunjungan kerja ketua PKK Pusat  Ny Tri Tito Karnavian pada 31 juli – 2 agustus 2022 lalu.

Berita Terkait:  Konsulat AS Bidik Potensi Bitung

“Adapun rencana kegiatan pada tahun ini yaitu, lomba Kriya Bitung 2022, pelatihan lanjutan kulit jagung, pameran kriya Nusantara pada September,”tuturnya.

Setelah itu ada pelatihan membatik pada bulan Oktober, sosialisasi kain batik khas Bitung dan fashion show KPD, TP.PKK, DWP, DEKRANASDA, lomba kebaya dan batik khas Bitung, pelatihan pemanfaatan bahan limbah oleh rumah pasir, pelatihan pemanfaatan akar kayu mina pada November.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita