A-TIMES, KOTAMOBAGU – Pimpinan BNI Wilayah Manado patut beri perhatian keluhan pelaku UMKM di Bolmong.
Pasalnya, ada kesan pembiaran karyawan dan pimpinan cabang BNI Cabang Kotamobagu kepada pelaku UMKM yang ajukan permohonan KUR untuk UMKM.
Informasi didapat proses sangat lama berbulan bulan, sialnya plafon KUR ditolak BNI Kotamobagu.
“Setelah memasukkan berkas kemudian BI Cheking dan tim Survei sudah turun sekitar satu bulan. Setelah berbulan menunggu dapat kabar tidak bisa di proses, dan tidak ada alasan kenapa tidak bisa diproses,”kata pelaku UMKM yang mintanya namanya disimpan, pada Rabu (05/11/2025).
Ibu pedagang kecil ini mengaku sudah satu bulan lebih di-whatsap tentang informasi perkembangan pengajuan KUR, nanti dibalas hari ini.
“Selamat Pagi bu, terkait kredit yang diajukan mohon maaf belum bisa disetujui menurut penilaian kami pada saat dikunjungi,”ungkapnya.
Dia menyesali kinerja karyawan BNI, tidak infokan tindak-lanjut surveinya, supaya nasabah tidak menunggu sampai berbulan-bulan.
“KUR untuk membantu pengembangan usaha, sangat jelas jenis usahan dan jaminannya, tapi tidak diterima, ADA APA? Semoga KUR yang menjadi program pemerintah untuk usaha kecil ini benar-benar direalisasikan kepada pelaku usaha yang memiliki usaha jelas,”tukasnya.
Dia mengaku tidak punya tunggakan di bank manapun, karena terinformasi berkas sudah masuk dan setelah di meja Ibu Deysi Moniaga selaku SPV KUR ditolak. Padahal mantrinya sangat merespon bagus terkait kebenaran data dan kelayakan usaha.
“Sampai saat ini pun, saya belum mendapat konfirmasi dari bank terkait alasan tersebut. Jujur baru kali ini saya mengalami kegagalan dalam proses pengajuan KUR, Harusnya kalau memang tidak bisa disampaikan sejak awal pengurusan, atau saat turun lapangan, ungkap Nasabah
Dia mengklaim nasib seperti dia dialami puluhan, hingga ratusan nasabah. Olehnya dia tunggu respon dari pimpinan Bank BNI secepatnya terkait masalah ini.
Berdasarkan kasus saya tersebut saya menyarankan kepada pelanggan Bank BNI agar tidak secepatnya mengambil kesimpulan bahwa KUR akan direalisasikan walaupun berkas sudah lengkap, semoga ini menjadi evaluasi dari perbankan pusat terkait dengan pelayanan KUR di BNI Cabang Kotamobagu.
Sebagai informasi, saat di Konfirmasi kepada Pihak BNI melalui via Whtasup, terkait dengan alasnnya ditolak belum ada balasan sama sekali hingga berita ini diterbitkan.(Hen/*)




























Komentar