oleh

KSM 2022 di MAN Model Lebih Meriah, Kakanwil Anwar Buka Secara Resmi Pakai Teknologi Digital

A-TIMES,MANADO-  Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022 telah dilakukan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulut Hi Anwar Abubakar Jumat malam (08/09/2022) di Wisma Haji.

Kakanwil ditemani Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Sulut Ahmad Sholeh. Seremony pembukaan KSM tahun ini lebih canggih. Gunakan teknologi digital. Saat Kakanwil menekan tombol digital sekian detik kemudian layar digital terbuka, bersamaan dengan itu keluar suara mirip sirine bergaung

Atraksi seni budaya Islam di acara pembukaan KSM 2022

Tombol digital sebagai tanda Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) resmi dibuka.

Pembukaan KSM 2022 lain dari sebelumnya. Lebih meriah. Hampir ribuan orang hadir. Dari jajaran Kemenag, wakil madrasah dan para siswa dari 15 kabupaten kota di Sulut.

Acara pembukaan KSM bertema “Madrasah Berprestasi Bangkitkan Negeri” memang meriah. Ada beberapa atraksi seni budaya islam ditampilkan.

Berita Terkait:  OD Sarankan PKB GMIM Jadi Bapak untuk Semua

Hi Anwar Abubakar dalam sambutannya menjelaskan bahwa KSM adalah media bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains.

Dia juga berharap para siswa dapat mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, berdasarkan nilai-nilai agama Islam.

“Selain itu juga peserta didik dapat menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat untuk menjadi duta yang akan membanggakan dan mewakili Provinsi Sulawesi Utara di ajang Kompetisi Sains Madrasah di tingkat nasional yang insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 13 Oktober akan datang,” terangnya.

Pada sisi lain, Anwar Abubakar juga mengaku bangga dengan capaian prestasi Pendidikan Islam Sulawesi Utara. “Apalagi sudah mampu berbicara banyak di tingkat nasional dan internasional,” ungkapnya.

Berita Terkait:  Para Wisudawan Poltekkes Ditantang Gubernur OD

Adapun Komite KSM Provinsi Sulut yang juga Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Sulut Ahmad Sholeh mengungkapkan bahwa KSM kali ini akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. “Sebab nantinya KSM akan go internasional,” jelasnya.

Dia menyebutkan, total ada 392 siswa yang mengikuti KSM Provinsi Sulut tahun 2022 kali ini. “Terdiri dari siswa MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA,” pungkasnya.

Sebagai informasi, perlombaan KSM Provinsi Sulut akan mulai berlangsung Sabtu (9/9/2022) hingga Minggu (10/9/2022), di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado di Kelurahan Islam Manado

Selain lomba, selama dua hari halaman MAN Model 1 plus Keterampilan akan diwrnai expo KSM. Juga akan dimeriahkan panggung hiburan dari anak anak MAN Model.(saleh)

Komentar

Rekomendasi Berita