Hadiri Capacity Building dan Rakor TPID, Wagub Ingatkan 4 Pilar Menekan Inflasi

PROAKTIF: Wagub Steven Kandouw  bersama kepala BI Sulut Andri Prasmuko saat Capacity Building  dan Rakot TPID Sulut di Aula BI(*)

A–TIMES,MANADO– Kerja keras semua stekholder  dalam.rangka menekan inflasi  di Sulawesi Utara luar biasa. Hasilnya   inflasi di Sulut  berada  dibawah angka nasional. Hal ini dikatakan  Gubernur Sulut Steven Kandouw membuka Capacity Building dan Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulut di Ruang Rapat Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulut, pada Rabu (31/1/2024).

Ia juga menyampaikan beberapa hal penting dalam hal pengendalian inflasi di Sulut.Ia memberikan suport  peserta  TPID provinsi maupun kabupaten/kota se Sulut.” Cuaca diluar hujantapi kita tetap semangat berperang melawan inflasi saya rasa harus tetap hot, semangat. Sebab, kita tahu persis bagaimana bahayanya inflasi,” ttuturnya. Meski  Tahun 2023 laju Inflasi kita bisa terkendali bahkan lebih rendah dari angka nasional tetapi di 2024 ini kita harus kerja lebih keras lagi.” Semua karena koordinasi kita baik dari Bank Indonesia, pemerintah daerah dan juga TPID provinsi dan kabupaten/kota. Jadi saya mewakili pak gubernur ucapkan terima kasih atas kerja sama luar biasa ini,” tterangnya. Secara rinci wagub mengungkapkan dalam rangka menekan inflasi harus dilakukan  empat pilar. Yaitu menjaga ketersediaan pasokan bahan pokok, termasuk harga, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif.2024 ini masih banyak tantangan.” Dengan penetrasi  yang luar biasa  dari kita pastinya para bandit pangan belajar dari apa yang sudah kita dilakukan,” katanya.Kepala  Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara, Andry Prasmuko mengungkapkan, sepanjang tahun 2023, ada enam kabupaten kota mendapatkan insentif fiskal yang diberikan lewat Kementerian Keuangan. Kabupaten kota tersebut yakni Minut,Bitung, Minsel dan Bolmong. Insentif  fiskal diberikan sebagai reward pemerintah kepada daerah yang berhasil mengendalikan inflasi. Pemprov Sulut masuk nominasi TPID Award 2023. Ia berharap kerjasama menekan inflasi terus dilakukan bersama semua pihak perwakilan  Kabupaten kota serta Polda Kejati dan tim terkait lainnya.(*)

Berita Terkait:  Pelaku UMKM Didorong Melek Digital

Komentar