oleh

Hadapi La Nina, Gubernur OD Surati Bupati dan Walikota

A-TIMES,MANADO — Cuaca ekstrim yang melanda Sulut akibat dampak fenomena La Nina, sebagaimana dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sigap disikapi Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Langkah sigap itu dilakukan OD dengan mengeluarkan Surat Nomor: 360/21.6692/Sekr-BPBD tertanggal 29 November 2021, teruntuk kepala daerah bupati dan wali kota di Sulut untuk mewaspadai Fenomena La Nina.

Berita Terkait:  Olly Apresiasi Tomohon Makin Hebat

Pertama ; meningkatkan sosialisasi, komunikasi, edukasi, dan upaya mitigasi kepada masyarakat terutama yang bermukim di daerah rawan bencana banjir, longsor, gelombang pasang dan angin puting beliung.

Kedua ; menyiapkan dan mensosialisasikan tempat evakuasi yang aman dengan mempertimbangkan protokol kesehatan selama masa pandemi  Covid-19.

Ketiga ; mengidentifikasi kebutuhan dan ketersediaan sumberdaya yang ada (personel, peralatan, dan logistik).

Berita Terkait:  JAK Apresiasi Penyampaian LKPJ Gubernur, Juga Beri Saran Lirik Pajak Pertambangan

Keempat ; meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait (TNI, POLRI, SAR, BMKG, PMI, RAPI, Relawan dan lainnya) dalam kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana.

Kelima ; apabila diperlukan, dapat menetapkan status darurat bencana dan pembentukan pos Komando penanganan darurat bencana, serta aktivasi rencana kontijensi menjadi rencana operasi.(*)

Peliput : Lily Paputungan
Editor   : Amrain Razak
Layout  : Didit

Komentar

Rekomendasi Berita