GPS All Out Kawal Keterwakilan 30 Persen Perempuan

A-TIMES, MANADO–Aktifis Perempuan Sulut yang tergabung dalam Gerakan Permpuan Sulut (GPS) mengapresiasi lolosnya 5 Perempuan calon anggota KPU Sulut yang lolos pada tahapan tes tertulis dan Psikologi.

“Luar biasa kami, GPS, sebagai bagian dari gerakan masyarakat sipil, menyampaikan banyak terima kasih kepada Timsel yang meloloskan 5 perempuan dalam daftar calon 20 besar ,” tutur koordiaator GPS Ruth Ketsia Wangkai Kamis (15/3/2023) diamini aktifis lainnya Vivi George, Moen Djenaan dan lainnya.

banner

Mereka mengungkapkan, ini menunjukkan adanya komitmen yang kuat dan konsistensi yang teguh dari Timsel, sebagaimana amanat UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yang menyebutkan secara eksplisit bahwa KPU dan Bawaslu penting untuk memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30% sebagai bentuk nyata dari Affirmatif Action.

Berita Terkait:  Pekerja Manado Tercover BPJS Baru 70 Persen

Maknanya bahwa keterwakilan perempuan minimal 30% sudah menjadi bagian yang tidak lagi diperebutkan dalam perekrutmen anggota KPU dalam semua level. “Untuk itu kami mengapresiasi kerja keras Timsel, yang tentu saja masih akan berlanjut sampai pada proses penentuan calon 10 besar,” kata mereka.

Berita Terkait:  TP-PKK Manado, Irene: Amalkan dan Kukuhkan HATINYA

GPS akan terus mengawal all-out, bahkan sampai pada tahapan akhir nanti penentuan 5 komisioner KPU Provinsi Sulut oleh KPU RI, agar tetap konsisten dan komit pada amanat UU dimaksud demi terwujudnya demokrasi yang berperspektif dan berkeadilan gender.” Kami akan kawal sampai keterwakilan 30 persen Perempuan terealisasi,” tandas Wangkai.(*)

Komentar