Peserta LMS se Indonesia lalu(*)
A–TIMES,JAKARTA– Pengelola Media harus lebih kreatif dan bisa mengajak berbagai mitra untuk membuat dan mengembangkan program yang unik dan beragam. Local
Pertemuan Media Local Summit(LMS) adalah salahsatuu wadah yang memfasilitasi para pengellola media lokal untuk terus berinovasi. Kali ini pertemuan puncak pengelola media lokal di Indonesia bertajuk Local Media Summit (LMS) kembali digelar tahun ini. Untuk kali ketiga, agenda tahunan yang diinisiasi Suara.com bersama International Media Support (IMS) ini sudah mulai membuka registrasi peserta.
Menurut rencana, LMS 2024 akan digelar secara eksklusif di The Sultan Hotel & Residence Jakarta pada 2-3 Oktober 2024.
LMS tahun ini mengangkat tema ‘Technological Transformation in Local Media: Serving The Audience Tomorrow’, yang menekankan upaya media lokal melayani audiensnya untuk menjadi dasar pengembangan konten dan model bisnisnya.
CEO PT Arkadia Digital Media Tbk yang juga Pemimpin Redaksi Suara.Com, Suwarjono mengungkapkan, dengan basis audien yang jelas dan dipahami, media akan bisa fokus mengembangkan konten sesuai karakter audiens.
Sebab hal tersebut pada akhirnya akan menjadi unique selling point dalam pengembangan bisnis media. Dengan demikian, pengelola media bisa mengajak berbagai mitra untuk membuat dan mengembangkan program yang unik dan beragam.
“Sumber pendapatan media saat ini bukan hanya dari sekadar iklan, perlu inovasi yang kreatif dan beragam,” kata Suwarjono, Rabu (25/9/2024). Kompetisi Inovasi Sementara program Program Manager IMS Indonesia, Eva Danayanti mengungkapkan, LMS 2024 membuka peluang bagi media lokal yang ingin melakukan inovasi dengan pemanfaatan teknologi dalam memahami dan melayani audiennya.
“Akan dibuka kompetisi bagi media lokal untuk mendapatkan kesempatan mempresentasikan idenya dalam sesi pitching pada Local Media Summit 2024 di Jakarta. Pemenangnya akan mendapatkan dukungan dana dan pendampingan untuk mengimplementasikan idenya,” kata Eva.
Selain itu, peningkatan kualitas dan kuantitas konten media lokal juga menjadi fokus dalam pertemuan kali ini.
“Pada summit kali ini, akan dihadirkan beberapa sesi coaching untuk para pengelola media lokal memanfaatkan AI, merencanakan bisnis, menentukan bentuk dan legalitas perusahaannya, hingga merancang event untuk menghasilkan revenue,” katanya.
LMS tahun ini akan dibuka Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria; Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu; Head of Cooperation EU Delegation to Indonesia & Brunei Darussalam, Thibaut Portevin; CEO Suara.com, Suwarjono; dan IMS Programme Country Manager Indonesia, Eva Danayanti.
Selain itu, sejumlah pembicara dihadirkan dalam pertemuan kali ini seperti, IMS Asia Business Advisor, Danny Yong; Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Janoe Arijanto; Perwakilan Pinterest Widhi Asmoro, serta sejumlah expertise dalam bidang yang bersentuhan langsung dengan media.
Pada akhir Oktober 2022, Suara.com dan IMS sukses menggelar Local Media Summit perdana.
Agenda yang digelar di Gedung Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Jakarta itu diikuti hampir 300 perwakilan media lokal dari seluruh Indonesia dan stakeholder lainnya yang hadir langsung, plus hampir 100 peserta yang bergabung secara online. Kemudian pada LMS 2023 diselenggarakan pada 11-12 Oktober 2023 di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat.
Sebelum pertemuan puncak tahunan, digelar sejumlah agenda pertemuan dengan pengelola media lokal di berbagai daerah. Pada 6 Mei 2024 lalu digelar Sumatera Media Summit (SMS) 2024 bertempat di Hotel Aryaduta, Palembang. Kemudian pada 25 Juli 2024 di Surabaya, Suara.com bersama Beritajatim menyelenggarakan Jatim Media Summit (JMS) 2024.
Untuk mengikuti agenda ini, pendaftaran untuk calon peserta Local Media Summit 2024 sudah dibuka sejak 2 September 2024 dengan mengunjungi laman https://localmediacommunity.com/id/member/register.(*)
Komentar