oleh

Dewan Manado Beber Temuan Hasil Audit BPK

A-TIMES.ID, MANADO – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Manado sudah mulai lakukan pembahasan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Manado 2020.

Anggota Banggar Jean Sumilat mengungkapkan, pihaknya ingin menertibkan dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK atas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap perundang-undangan berdasarkan UU 15 Tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dan UU 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, serta UU terkait lainnya.

“BPK telah memeriksa laporan keuangan Pemerintah Kota Manado tahun 2020 dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Namun ada sejumlah temuan yang harus diselesaikan,” tegas srikandi PDI Perjuangan ini.

Berita Terkait:  Ranperda Irigasi Akhirnya Dibahas Lanjut

Sumilat pun membeber temuan-temuan BPK di beberapa SKPD.

“BPK menemukan adanya kelemahan pengendalian intern maupun ketidakpatuhan terhadap perundang-undangan dalam pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Kota Manado Tahun 2020,” ujarnya sembari menyebutkan pokok temuan BPK di antaranya adanya pengelolaan pendapatan yang tidak tertib di beberapa SKPD seperti Badan Pendapatan Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial.

“Kemudian terjadi kekurangan volume pekerjaan atas 12 paket belanja modal Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan dinas lainnya,” beber Sumilat.

Berita Terkait:  Golkar Sulut Puji Capaian ODSK dengan Catatan

Selanjutnya, kata Sumilat, sebanyak empat paket pekerjaan belum selesai dan dikenakan denda keterlambatan. Ini terjadi di Dinas Kesehatan dan Dinas PUPR.

Sumilat pun memuji kabinet Wali Kota Andrei Angouw dan Wawali Richard Sualang yang menurutnya sudah tampil lebih baik.

“Saya sudah mengikuti pembahasan Banggar hampir 1 tahun 10 bulan. Kini dengan suasana yang berbeda, tidak seperti

lalu-lalu. Sudah 2 hari ini OPD terkait sebanyak 51, datang lengkap dan tepat waktu. Sudah ada perubahan,” pujinya. (***)

Editor: Idham Malewa
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: Harimanado

Komentar

Rekomendasi Berita