oleh

Dangisa dan SI-Patokaan, Incar Sangadi dan Remaja Usia Dini

A-TIMES. BOLSEL- Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt menghadiri acara Launching Sistem Informasi Penanganan Stunting Terintegrasi (si-PINTER), Duta Sangadi Sadar Hukum (DANGISA), dan Sosialisasi Strategi Terkoordinasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak (si-PATOKAAN) di Lapangan Futsal Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki, Selasa (01/11).

Bupati Bolsel H. Iskandar KamarS.Pt mengatakan terkait inovasi Dangisa, dilatarbelakangi pemahaman sangadi dan aparat desa atas produk hukum di desa masih lemah. Seiring dengannya ada batas waktu dan anggaran dalam rangka pembinaan produk hukum daerah kepada pemerintah desa, maka Bagian Hukum menginisiasi program Duta Sangadi Sadar Hukum, yang disingkat ”Dangisa”.

“Penerapan Dangisa menggunakan metode peer tutoring, yang dalam dunia pendidikan dikenal dengan metode teman sejawat, yaitu metode pembelajaran dengan bantuan salah seorang Sangadi yang kompeten dan menguasai materi yang bertindak sebagai Dangisa. Nah, dia inilah yang akan mengajar Sangadi lainnya,” tukasnya.

Berita Terkait:  Halal bi Halal KAHMI Bolsel Juga Mengenang H2M

Lebih lanjut, Bupati Iskandar menerangkan resiko pernikahan dini dapat mengakibatkan dampak buruk terhadap remaja. Salah satu strategi untuk pencegahan pernikahan dini yaitu dengan meluncurkan proyek perubahan dengan tema Sosialisasi dan Edukasi mengenai Strategi Pencegahan Perkawinan Usia Anak (Si Patokaan) di Provinsi Sulut.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Sekda Arvan dan Ibu Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulut (PP dan PA) dr. Kartika B. Tanos serta Kabag Hukum atas inovasi-inovasinya. Semoga proyek perubahan yang diterapkan dapat mewujudkan Bolsel yang sehat, sejahtera dan inovatif,” ucapnya seraya mengajak semua pihak untuk mencegah stunting, menggunakan aplikasi SI-Pinter, mencegah pernikahan usia anak dan mewujudkan inovasi Dangisa di Kabupaten Bolsel.

Kadis PP dan PA Prov. Sulut dr. Kartika B. Tanos memperkenalkan Si-Patokaan yang merupakan strategi terkoordinasi pencegahan perkawinan usia anak.

Berita Terkait:  Lawan Muwahid FC, Yakusa FC Optimis Menang

“Kehadiran saya di sini selain mensosialisasikan Si-Patokaan, juga untuk menyerahkan bantuan kelompok kepada keluarga pra sejahtera dan kepala keluarga perempuan,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan mesin jahit dari Pemprov Sulut kepada para penerima yang diserahkan langsung oleh Kadis dr. Kartika Tanos. yang juga menjabat Sekretaris TP-PKK Prov. Sulut, Ketua TP-PKK Kab. Bolsel Ny. Selpian Kamaru-Manoppo, Ketua DPRD Ir. Arifin Olii, Dandim 1303/BM Letkol Inf Topan Angker, Kajari Kotamobagu Elwin Agustian Khahar SH,MH, Kabag Ops Polres Bolsel, Kepala PA Bolaang Uki, Sekda M. Arvan Ohy SSTP,MAP, Pabung Kodim 1303/BM, para Staf Ahli/Khusus Bupati, para Asisten Sekda, pimpinan PD, para Camat dan Sangadi, para Kepala Puskesmas, perwakilan siswa SMP/SMA/Forum Anak Daerah Kabupaten Bolsel.(Hen)

 

Komentar

Rekomendasi Berita