oleh

BRANI Beber Keterlibatan Oknum Polri – TNI di Kasus TKI Ilegal

A-TIMES,JAKARTA – Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengatakan anggota polisi diduga terlibat dalam pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal ke Malaysia. Kapal yang membawa PMI itu tenggelam di lepas pantai Johor Baru, Malaysia.

Prajurit TNI AL Diduga Terlibat Kasus TKI Ilegal Diperiksa POM “Iya anggota TNI AU, anggota TNI AL dan anggota Polri (diduga terlibat). Kami harus mengatakan itu kan, karena BP2MI bukan penegak hukum, sehingga kami mengatakan dugaan,” kata Benny saat dihubungi, Rabu (5/1).

Benny mengatakan dugaan keterlibatan anggota itu sudah disampaikannya kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Berita Terkait:  PP-Badan Wakaf (SI) Abid Takalamingan Gelar Rapat Program

“Dengan Kapolri kan kemarin sudah menyampaikan, termasuk adanya dugaan keterlibatan anggota Polri. Tapi tentu menjadi kewenangan dari institusi yang bersangkutan.

Apakah mau mem-publish namanya, apakah mau mengambil tindakan apa, sifatnya kita hanya menyampaikan hasil investigasi,” katanya.

Dalam kasus itu, ia menyebut pihaknya sudah sangat terbuka dengan memberi informasi kepada instansi yang anggotanya diduga terlibat.

Polisi Klaim Tangkap Otak Penyelundup TKI Ilegal ke Malaysia “Jadi terbuka dengan tetap mengedepankan aspek etika. Karena jika bicara nama, siapa, kita ingin menyerahkannya langsung ke institusi yang bersangkutan. Sehingga jenis-jenis misalnya keterlibatan, perannya seperti apa, itu ada kok semua,” katanya.

Berita Terkait:  Waspada, Lonjakan Covid Tak Terbendung, Munas Kadin di Zona Merah

BP2MI sebelumnya menduga oknum TNI AL dan TNI AU terlibat membantu kegiatan tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal ke Malaysia.

Fakta itu terkuak berdasarkan hasil investigasi tragedi tenggelamnya kapal yang menewaskan sejumlah TKI ilegal di lepas pantai Johor Baru, Malaysia.

“Adanya dugaan keterlibatan oknum TNI AL dan oknum TNI AU, yang memiliki peran masing-masing dalam membantu kegiatan pengiriman PMI ilegal,” ujar Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengutip detikcom, Selasa (29/12).

Editor   : Amrain Razak
Layout  : Syamsudin Hasan
Sumber : CNNIndonesia

Komentar

Rekomendasi Berita