BNPB Dirikan Pos Pendampingan Bantuan untuk Korban Erupsi 

 

SERIUS: Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri rakor bersama BNPB dan Forkompida (*)

A–TIMES,BITUNG–Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri Sabtu(20/4/2024)   memimpin rapat koordinasi dengan Forkopimda serta BNPB serta terkait pendirian pos pendampingan BNPB terkait Erupsi Gunung Ruang di Tagulandang Kabupaten Sitaro.Rapat tersebut juga dihadiri Kedeputi Bidang Penanganan Darurat BNPB RI Ricky Wibowo,.

Menurut Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Albert Sergius Pelenkahu SE sekaligus Jurubicara Pemkot didampingi Kabid Humas Dinas Kominfo Ferdy Pangalila S.Pd, dalam rapat tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, bersama TNI/Polri membahas terkait tugas dan fungsi Pos Pendamping BNPB yang berada di Satrol Lantamal VIII Manado di Kota Bitung.

Berita Terkait:  Walikota Serahkan Ratusan Hewan Qurban

Sementara itu, Wali Kota mengatakan Pos Pendamping BNPB ini untuk memudahkan akses dan efektifitas baik dari segi koordinasi, evaluasi serta pengelolaan dan mendistribusikan bantuan dalam penanganan darurat bencana.

Selain berlokasi di Satrol, Posko BPBD di Kantor Walikota Bitung juga terbuka bagi masyarakat yang akan membawa bantuan bagi warga terdampak erupsi gunung ruang di Kabupaten Sitaro.

“Nanti setelah dicatat bantuan-bantuan yang dibawa melalui Posko BPBD Bitung, akan diteruskan ke Pos Pendamping BNPB di Satrol Lantamal VII,” beber Mantiri. Dijelaskannya pula manfaat utama ada di Satrol Lantamal, sedangkan yang di Posko BPBD Kota Bitung sifatnya hanya membackup. Misalnya, ada masyarakat yang datang membawa bantuan, Posko BPBD wajib menerima dan mencatat, setelah itu petugas posko meneruskan ke Pos Pendamping BNPB yang berada di Satrol Lantamal Vll.” Mari kita semua saling koordinasi dan peduli dengan sudara kita yang terdampak bencana,” tambah Mantiri.(*)

Komentar