Bersama Start-Up Rural Commerce Dagangan, Wamendag RI Grebek Pasar Winenet dan Kauditan

A-TIMES, BITUNG—Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga mengunjungi Pasar Winenet Bitung dan Kauditan Minahasa Utara guna meninjau harga dan ketersediaan bahan pokok (bapok) di awal tahun. Dalam kunjungan di Pasar Winenet, Jerry meninjau ketersediaan bahan pokok seperti minyak, telur dan cabe. Wamen juga menanyakan harga bahan pokok di beberapa kios.

Dari hasil tinjauan tersebut, didapati secara keseluruhan harga bapok yang dijual masih terjangkau. Namun ada pedagang yang menjual minyak goreng curah dengan harga di atas HET. “Untuk minyak goreng curah ada beberapa yang mengalami sedikit kenaikan. Saya pikir ini juga yang perlu disampaikan bahwa jangan sampai ada sesuatu yang harganya di atas HET,” imbuhnya.

Kata Jerry, yang terpenting untuk kita bisa menjaga itu (harga sesuai HET), kita harus pastikan di distributor supaya harga-harganya tetap terjangkau. Ketika sampai ke pedagang harganya sudah sesuai HET. “Saya pastikan pemerintah akan terus memantau ketersediaan stok dan harga kebutuhan pokok di awal tahun 2023 dan menjelang momentum bulan Puasa 2023. Upaya ini merupakan bentuk komitmen memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga kebutuhan pokok bagi masyarakat,” tegas Jerry.

Berita Terkait:  ABG Bitung Tewas Dililit Bendera Argentina

Dalam kunjungan ini, Jerry juga hadir bersama CEO dan Co-Founder Dagangan, Ryan Manafe untuk memberikan edukasi kepada pedagang pasar bertransformasi secara digital dengan melengkapi pasokan produk kebutuhan rumah tangga yang dapat dijual oleh pedagang pasar melalui ekosistem digital Dagangan.

 

Sekilas Tentang Dagangan

Dagangan adalah startup rural ecommerce yang fokus melayani masyarakat di wilayah tier 3-4 dengan menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan harian lainnya secara grosir melalui aplikasi. Visi Dagangan adalah memaksimalkan potensi ekonomi masyarakat pedesaan di Indonesia melalui efisiensi rantai pasok dan digitalisasi aktivitas ekonomi.

Berita Terkait:  Walikota Tutup Pelatihan Gasing

Dengan gudang mikro tersebar di berbagai pelosok daerah di pulau Jawa, Dagangan meyakini ketersediaan layanannya dapat mengakselerasi pemerataan ekonomi daerah. Sejak 2019, layanan Dagangan telah menjangkau lebih dari 20.000 desa yang tersebar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Aplikasi Dagangan dapat diunduh di Google Play Store. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.dagangan.com atau kanal media sosial: Instagram, YouTube, dan TikTok: @daganganindonesia, Facebook: Dagangan Indonesia.(***)

Komentar