oleh

Bawaslu Terus Matangkan SDM Pengawas Pemilu

A-TIMES,JAKARTA — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI terus mematangkan kesiapan jajarannya untuk Pengawasan Pemilu 2024 mendatang.

Anggota Bawaslu Herwyn J.H. Malonda menyatakan Pusat Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) Bawaslu terus melakukan persiapan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) pengawas pemilu.

Karena itu, kata Malonda, pelatihan dan rancangan Puslitbangdiklat harus berkualitas, sehingga dapat menunjang kebutuhan Bawaslu ke depannya.

Menurutnya, Puslitbangdiklat saat ini tengah menginventarisir kebutuhan pelatihan sebagai bahan penyusunan Norma, Standar, Prosedur, Kriteria (NSPK) pelatihan pengawas pemilu.

Berita Terkait:  Presidential Threshold Nol Persen Makin Kencang

“Puslitbangdiklat akan jadi sentral yang penting, di satu sisi Puslitbang akan menghasilkan kajian yang bisa dijadikan bahan untuk pengambilan kebijakan selanjutnya,” jelasnya di Tangerang, Banten, belum lama ini.

Pria kelahiran Minahasa itu berharap, pelatihan tersebut akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang baik terhadap pengawas pemilu.

Terutama, kata dia, dalam membuat laporan hasil pengawasan dan keterampilan manajemen konflik guna mengantisipasi risiko pemilu 2024 mendatang.

“Tugas Puslitbangdiklat ini besar sekali, kita akan membawa lembaga ini sebagai pejuang pemikir,” tutur Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat Bawaslu tersebut.

Berita Terkait:  HERWYN MALONDA, PUTERA KAWANUA PERTAMA KOMISIONER BAWASLU RI

Dalam forum tersebut, Anggota Bawaslu Totok Hariyono berpandangan, penyusunan pedoman NSPK pengawas pemilu perlu dilakukan bersama-sama dengan menggandeng semua divisi.

“Harapannya pusat penelitian Bawaslu ini melahirkan kaum progresif untuk menjadikan pemilu lebih jurdil dan luber, peserta partai politik aman dan nyaman sehingga kita semua mendapatkan hasil yang baik,” terangnya.(rin/*)

Editor   : redaksi
Layout  : didit
Data      : berbagai sumber

Komentar

Rekomendasi Berita