Bawa Tauziah, Abid Ingatkan JCH Minut Luruskan Niat

A-TIMES,MANADO — Pelepasan calon jemaah calon haji Kabupaten Minahasa Utara sudah menjadi tradisi turun temurun sebagai ungkapan rasa syukur bagi haji dan hajjah untuk memberi doa restu agar para calon jemah haji mandapat berkah di tanah suci.

Dan setelah tertunda selama 2 tahun akibat Pandemi COVID -19, tradisi ini kembali digelar oleh Jamaah Muslim dan Pemerintah Kabupaten Minut bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Minut, Sabtu (11/06) di Kecamatan Kema, Desa Kema III.

Pemberangkatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an dan pembacaan sholawat Kepada Nabi Muhammad SAW. Bupati Minut Joune Ganda dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kaban Kesbangpol mengatakan walau sudah mendapat 3 kali vaksin komplit calon jemaah haji harus senantiasa tetap mengkondisikan diri menjaga kesehatan selama di tanah suci.

Berita Terkait:  Hadiri HUT ke -812Desa Sawangan, Gubernur Serahkan Hadiah Rp40 juta

Selain itu beliau menambahkan, jauh dari keluarga akan menjadikan sesama calon jemaah haji menjadi keluarga baru selama ditanah suci. “Harus saling tolong menolong dan gotong royong, tetap mendahulukan kepentingan bersama. Ikuti arahan pembimbing, perhatikan jadwal dan waktu yang ditentukan oleh pembimbing agar seluruh rangkaian kegiatan dapat tercapai secara sempurna,” pesan bupati.

“Doakan kami tetap sehat, dan para calon haji dan hajjah pulang nantinya menjadi haji yang mabrur,” kata bupati mengakhiri sambutannya Sementara itu Abid Takalamingan S.Sos, MH saat memberikan ceramah mengatakan kepada Calon Jemaah Haji untuk memperbaiki niat sebelum berangkat ke tanah suci Mekah.

“Kita kita datang kesana untuk menjalankan ibadah memenuhi panggilan Allah SWT bukan datang untuk wisata,” tutup Abid yang juga Ketua BAZNAS Provinsi Sulawesi Utara.

Berita Terkait:  Olly Ajak Semua Komponen Sambut 2024 Dengan penuh Semangat

Turut hadir, Lili Lengkong Kabag Kesra, Jouce Togas, Kakandepag Minut, Anneke Purukan S.Pak,M.Pd, Noval Besse, Hi.Idham Paputungan S.ag,MH Camat Daniel Kumenaung SE, Dr.Daud Djubaeidi Analis Hukum Pada Biro Hukum Sekda Provinsi Maluku Utara.

Hadir pula Hukumtua Kema 3 Rasyid Yahya, Hi. Ismed Djaelani Ketua Dewan Pakar MUI Kabupaten Minahasa Utara, Ketua DPC PPP Minahasa Utara Suryadi Biki, Ketua Panitia Rifandi Bandu.(rin/*)

Peliput/Editor : Madzhabullah Ali
Layout : Syamsudin Hasan

Komentar