Wabup Deddy Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

A-TIMES, BOLSEL – Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi kompas kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

banner

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Demikian pidato Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid saat membacakan amanat Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Hari ini, 1 Juni 2024, adalah Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK,” kata Wabup Deddy di Lapangan Gelora Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Sabtu (01/06/2024).

Berita Terkait:  Pesan Wabup Deddy Kaya Makna di HUT ke 18 Pintim

Lanjut Wabup Deddy Abdul Hamid, Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” imbau top eksekutif ini.

“Lebih dari itu, saya mengajak semua untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” imbuhnya dalam upacara yang diikuti oleh Forkompinda kabupaten, pimpinan instansi vertikal, pimpinan PD dan jajaran ASN/TNI/Polri.

Berita Terkait:  H2M Buka Kegiatan Sosialisasi P3TGAI se-Sulut

Dibeber pula bahwa dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Selamat Hari Lahir Pancasila!,” pungkas Wabup menutup pidatonya.(Hen/Advetorial).

Komentar