oleh

5 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

A-TIMES.ID, JAKARTA – Baking soda atau soda kue, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, yang banyak digunakan dalam membuat kue. Ini karena baking soda memiliki sifat ragi, artinya membuat adonan mengembang dengan menghasilkan karbondioksida.

Selain untuk memasak, manfaat baking soda juga memiliki beragam kegunaan untuk rumah tangga termasuk kesehatan. Berikut manfaat baking soda, dirangkum dari beberapa sumber.

1. Obat kumur

Obat kumur adalah tambahan yang bagus untuk rutinitas kebersihan mulut yang baik. Ini bisa mencapai sudut mulut dan celah gigi, gusi, dan lidah Anda, yang mungkin terlewat saat menyikat.

Seperti dilansir Healthline, banyak orang menggunakan soda kue sebagai pengganti obat kumur. Beberapa penelitian menunjukkan itu dapat membantu menyegarkan napas Anda dan bahkan memberikan sifat antibakteri dan antimikroba.

Namun, satu penelitian menemukan bahwa obat kumur soda kue tidak secara signifikan menurunkan kadar bakteri mulut, meskipun itu menghasilkan peningkatan pH saliva, yang penting untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Resep untuk obat kumur soda kue itu sederhana. Tambahkan 1/2 sendok teh soda kue ke setengah gelas air hangat, lalu berkumur seperti biasa.

2. Deodoran

Keringat hanya akan berbau setelah diurai oleh bakteri di ketiak Anda. Bakteri ini mengubah keringat Anda menjadi produk limbah asam yang mengeluarkan bau keringat.

Soda kue dapat menghilangkan bau keringat dengan membuat baunya menjadi tidak terlalu asam. Cobalah menepuk soda kue ke ketiak Anda, dan Anda mungkin melihat perbedaannya.

Berita Terkait:  Amalan Bulan Rabiul Awal, Sayang untuk Dilewatkan

Tidak hanya pada ketiak, soda kue juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Caranya, taruh dua sdm soda kue pada kain, lalu ikat. Taruh kain tersebut dalam kedua sepatu lalu keluarkan ketika ingin memakai sepatu tersebut.

3. Bersihkan noda

Soda kue adalah cara yang murah untuk memutihkan dan membersihkan beberapa bagian rumah, termasuk cucian Anda.

Soda kue adalah alkali – garam larut – yang dapat membantu menghilangkan kotoran dan noda. Ketika dilarutkan dalam air, alkali seperti soda kue dapat berinteraksi dengan asam dari noda dan membantu menghilangkannya.

Tambahkan 1/2 cangkir soda kue ke dalam deterjen cucian biasa Anda. Ini juga membantu melembutkan air, yang berarti Anda mungkin membutuhkan lebih sedikit deterjen dari biasanya.

Keserbagunaan soda kue juga menjadikannya pembersih dapur yang hebat. Tidak hanya menghilangkan noda membandel tetapi juga membantu menghilangkan bau busuk.

Untuk menggunakan manfaat baking soda sebagai pembersih, buatlah pasta dengan mencampurkan soda kue dengan sedikit air. Oleskan pasta ke permukaan yang diinginkan dengan spons atau kain dan gosok secara menyeluruh.

Berikut beberapa hal yang ditemukan di dapur yang dapat Anda bersihkan dengan soda kue:
– oven
– cangkir kopi
– noda minyak
– ubin dapur
– saluran air tersumbat
– kerak menempel
– microwave

Berita Terkait:  5 Manfaat Sehat Air Kelapa Temani Buka Puasa

4. Redakan migrain

Sebagaimana dilansir Taste of Home, untuk meredakan nyeri migrain, dan bahkan mual yang bisa menyertai migrain, cobalah minum segelas air dengan satu sendok teh soda kue yang diaduk.

Atau, jika Anda lebih suka mencoba pendekatan topikal, berendamlah di bak mandi yang dilapisi soda kue. bisa memberikan kelegaan.

5. Meringankan kulit gatal dan kulit terbakar sinar matahari

Mandi soda kue sering kali direkomendasikan untuk menenangkan kulit yang gatal. Mandi ini adalah obat yang biasa digunakan untuk gatal akibat gigitan serangga dan sengatan lebah.

Selain itu, manfaat baking soda juga dapat membantu meredakan gatal akibat sengatan matahari. Beberapa orang mengklaim itu bisa lebih efektif bila dikombinasikan dengan bahan lain seperti tepung maizena dan oatmeal.

Untuk membuat bak mandi soda kue, tambahkan 1-2 cangkir soda kue ke bak air hangat. Pastikan area yang gatal direndam secara menyeluruh.

Untuk area yang lebih spesifik, Anda bisa membuat pasta dengan soda kue dan sedikit air. Oleskan pasta tersebut ke area yang terkena. (***)

Editor: Amrain Razak
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: CNNI

Komentar

Rekomendasi Berita