oleh

Umbola Beber Kerawanan Pemilu, Kuncinya KPU dan Bawaslu Saling Menguatkan

Peliput/Editor: Lily Paputungan

Foto: Komisiomer Bawaslu dan KPU usai Rakor(*)

A-TIMES,MANADO— Banyak kerawanan saat pemilihan kepala daerah (pilkada). Berdasarkan pengalaman harus diantisipasi pihak KPU dan Bawaslu Sulut.

Anggota Bawaslu Sulut Awaluddin Umbola menyampaikan hal itu dalam rapat koordinasi Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilu Tahun 2024 dan Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Bersama KPU Kabupaten/Kota Se-Sulut di Luwansa Hotel Manado, Selasa (8/11/2022).

“Sejumlah kerawanan tahapan mutarlih seperti di lokasi khusus hingga pada saat pencoklitan di tingkat bawah harus segera di mitigasi secara bersama,”tegas Umbola.

Berita Terkait:  DP3A Serahkan Bantuan untuk korban Bencana Minsel

Kata Umbola butuh strategi pengawasan pencegahan tahapan pemilu. Ada berbagai isu krusial dalam tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Data Pemilih (Mutarlih). Seperti pelaksanaan mutarlih di lokasi khusus hingga proses pencoklitan data pemilih serta pentingnya mitigasi kerawanan pemilu.

Umbola menambahkan bahwa pengawasan tahapan dilakukan untuk memastikan proses mutarlih yang akan dilakukan jajaran KPU.

Sesuai prosedur tahapan yang ada harus ada koordinasi dengan stakeholder, khususnya antara penyelenggara pemilu sebagai bagian dari langkah pencegahan.

Berita Terkait:  Terima Nota Dinas Gubernur, AGK Resmi Plh Sekprov Sulut

“Kami (Bawaslu Sulut) melaksanakan pengawasan ini agar seluruh proses tahapan di KPU berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur yang ada. Hal Ini bagian dari kolaborasi antara penyelenggara pemilu bersama semua stakeholder untuk terlaksananya pemilu serentak 2024 yang berintegritas”, terang Umbola.

Hadir pada kegiatan tersebut, Lani Ointu selaku Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Sulawesi Utara serta Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita