oleh

Terkatung 3 Bulan di Somalia, Pemkot Pulangkan Warga Bitung

A–TIMES,BITUNG— Warga Kota Bitung sempat heboh menerima kabar kapal Dox Dili terdampar di Kota Somaliland, Somalia di benua Afrika.

Heboh bukan lantaran kapalnya, tapi ada anak buah kapal (ABK) warga Kota Bitung nama Devis Tumbel.

Setelah viral di media sosial, Pemkot Bitung bergegas mencari tahu. Setelah dapat informasi, Pemkot Bitung menjalin kerja sama dengan kementrian luar negeri dan kedutaan di Somalia.

Singkat cerita akhirnya Tumbel bisa pulang ke Indonesia bersama temannya 4 ABK.

Berita Terkait:  Firman Utina Apresiasi Liga AMS

Sebagai ucapan terima kasih, Devis menemui Honandar di ruang kerjanya  Selasa(30/8/2022).

“Puji Tuhan, dan kami ucapkan terima kasih kepada pak wali kota dan wakil wali kota yang membantu kepulangan kami,” ucap Devis.

Pengakuan Devis sempat terlunta selama tiga bulan di Somalia. Beruntung viral di media sosial, sehingga kerabat Devis  di Bitung bisa mengetahui.

Devis telah mengetahui dia bisa sampai di Kota Bitung berkat perhatian Pemerintah Kota Bitung yang memfasilitasnya. Pemerintah Kota Bitung juga berterima kasih kepada Kementerian Luar Negeri RI, Konsul Kehormatan RI di Somalia, dan Senator Somalia asal Hargeisha sehingga pemulangan kelima ABK dapat terselesaikan.

Berita Terkait:  OD : Memimpin di Era Pandemi Butuh Kerja Ekstra

Devis Tumbel pun menyampaikan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bitung, terutama kepada Wali Kota Bitung dan Wakil Wali Kota Bitung juga kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bitung yang memfasilitasi biaya transportasi sehingga bisa kembali pulang di Kota Bitung. Devis bersama 4 ABK lainnya, dipulangkan oleh KBRI di Nairobi pada 27 Agustus 2022.(lyp)

Komentar

Rekomendasi Berita