Telusuri Sejarah Kelahiran Bolaang Uki, Bupati Iskandar Tawarkan Gagasan Hebat di Dialog Kebudayaan

A-TIMES, BOLSEL- Bupati Bolaang Mongondoow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru SPt, MSi tampil sebagai narasumber dalam acara Dialog Budaya Musyawarah Masyarakat Bolaang Uki bertajuk “Kapan HUT Bolaang Uki?”.

Dialog digelar di  Molibagu Ramadhan Fest, Alun-alun Molibagu, KecamatanBolaang Uki, Kamis (21/3/2024) malam.

Dalam dialog tersebut, Bupati Iskandar mengatakan untuk menetapkan kapan tepatnya HUT Bolaang Uki akan dibentuk sebuah tim yang beranggotakan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

“Tentu sebaiknya penetapan kapan tepatnya HUT tersebut harus diambil berdasarkan dari peristiwa bersejarah atau peristiwa heroik masa lalu yang punya nilai kuat dalam masyarakat,” ujarnya.

Berita Terkait:  Kementerian PUPR dan Dinas Perkimtan Bolsel Baku Kongsi Bantu 18 RTLH di Desa Luwoo

Lanjut, top eksekutif ini mengusulkan untuk dibuat acara seminar khusus saat HUT Bolsel nanti untuk membahas sejarah Suku Bolango berdasarkan buku yang telah disusun oleh Alm. Deddy Van Gobel.

Tak hanya itu, Bupati juga menyarankan agar dibuat sebuah kamus bahasa Bolango yang akan digunakan dalam pelajaran mulok di sekolah.

“Pemerintah Daerah juga berencana untuk membangun replika mahligai kerajaan agar semua masyarakat Bolaang Mongondow Selatan dapat mengetahui tentang lahirnya wilayah eks swapraja Bolaang Uki,” jelas orang nomor satu Bolsel ini.

Berita Terkait:  Bupati Iskandar Kejutkan Pedagang Momalia dan Warga Jembatan Gantung

Acara dialog ini sendiri berlangsung hangat dan terbuka yang dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda, jajaran pimpinan PD dan ASN lingkup Pemkab Bolsel serta warga masyarakat pengunjung Molibagu Ramadhan Fest.(Hen).

Komentar