oleh

Sulut Waspada Cuaca Ekstrem Hingga 9 Desember

A-TIMES,MANADO – Cuaca Ekstrem yang telah mengakibatkan banjir di sejumlah titik di Makassar, Sulawesi Selatan dan Lombok, Selasa (7/12/2021) kemarin menjadi warning buat warga Sulut.

Seperti yang sudah disampaikan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melalui rilisnya, Provinsi Sulawesi Utara termasuk salah satu daerah yang diprediksi terkena dampak badai ekstrem atau Fenomena La Nina.

Sulut khususnya daerah pesisir pantai, oleh BMKG berpotensi mengalami banjir pesisir pantai atau ROB yang menyebabkan naiknya gelombang air laut.

Gejala itu terlihat pada kejadian Selasa sore hingga malam harinya, di wilayah pesisir Pantai Kota Manado.

Di kawasan pusat perbelanjaan, Manado Town Square dan Mega Mas misalnya, gelombang air pasang yang diperkirakan setinggi satu meter lebih itu menghantam sejumlah kendaraan yang terparkir di tepian pantai. Air pasang juga meluap hingga ke kawasan parkir Mega Mas dan Manado Town Square.

Berita Terkait:  Walikota, Kajari Tinjau Pembangunan Pasar Bersehati Manado

BMKG Sulut Prakirawan BMKG Maritim Bitung, Khoirul Insan, meminta warga yang menempati pesisir pantai untuk waspada.

“Fase bulan baru yang bersamaan dengan Periode atau jarak terdekat bulan ke bumi dan peningkatan gelombang laut akan berpotensi terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan,” terangnya.

Khoirul menambahkan, Banjir Pesisir atau ROB di Kota Manado kemungkinan berada pada ketinggian maksimal mencapai 3,6 meter.

“Ketinggian air bisa lebih tinggi jika disertai gelombang tinggi. Berdasarkan pantauan data water level, prediksi pasang surut dan model Gelombang Laut – Ocean

Forecast System, ROB berpotensi terjadi di wilayah pesisir Sulawesi Utara dan Gorontalo pada tanggal 6 sampai 9 Desember 2021,” akunya.

Berita Terkait:  Stafsus Gubernur Harus Berani Pasang Badan

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, Peter Eman yang melakukan pemantauan dibeberapa pesisir pantai mengatakan air laut akibat gelombang tinggi telah menggenangi beberapa wilayah.

“Air laut menggenagi parkiran di Manado Town Square, begitupun di Kawasan Mega Mas dan Boulevard II, air laut naik hingga ke badan jalan,” ujar Peter.

Akibat banjir pesisir tersebut, kata Eman, BPBD Kota Manado telah mengambil langkah antisipasi dengan melakukan imbauan kepada warga yang berada daerah pesisir pantai untuk tetap waspada dan mengantispasi dampak dari gelombang tinggi.

 “Tetaplah waspada dan menghindari wilayah yang berdekatan dengan pantai,” ucap Peter mengingatkan.(***)

Peliput : Saleh Nggiu
Editor   : Amrain Razak
Layout  : Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita