oleh

Polres Bitung Gelar Apel Operasi Ketupat Samrat

Humas Polres Bitung – Polres Bitung menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Samrat-2022 yang berlangsung di lapangan apel Mapolres Bitung, Jumat (22/4/2022) pagi yang dipimpin oleh Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan, dihadiri oleh Forkopimda Kota Bitung atau yang mewakili beserta para pimpinan instansi terkait.

Apel gelar pasukan tersebut ditandai dengan penyematan pita tanda operasi oleh Kapolres Bitung kepada perwakilan personel TNI, Polri, Dinas Perhubungan serta Sat Pol PP.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolres Bitung mengatakan; Apel ini sebagai wujud sinergi Polri dengan instansi terkait serta menindak lanjuti kebijakan Pemerintah untuk menjamin masyarakat aman dan sehat selama melakukan perjalanan mudik dalam perayaan Idul Fitri 1443 H.

“Berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas atau perjalanan selama lebaran,” ujar Kapolres Bitung.

Berita Terkait:  HUT Bhayangkara ke-75: Mantiri Apresiasi Peran Polri

Ditegaskan pandemi belum sepenuhnya berakhir, untuk itu seluruh pihak harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya penyebaran Covid-19 menjelang, pada saat, dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H.

Sehingga diperlukan langkah-langkah sinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H.

Kapolri dalam amanat nya menekankan beberapa hal untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat-2022.

“Penekanan Kapolri yang harus dipedomani untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat-2022 diantaranya deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, pengamanan harus dilakukan secara profesional dan humanis, serta mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat untuk menyatukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi”, tutur Kapolres Bitung saat membacakan amanat.

Lebih lanjut Kapolres Bitung mengatakan; Operasi Ketupat 2022 akan berlangsung serentak se-Indonesia selama 12 hari, dimulai tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022 mendatang dengan fokus pengamanan meliputi masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara.

Berita Terkait:  Kapolres Silaturahmi dengan Koramil 1310-10 Bitung

Khusus untuk Kota Bitung, AKBP Alam Kusuma S. Irawan mengatakan; Dalam operasi ini Polres Bitung melibatkan sebanyak 94 personel dibantu personel TNI, Dinas/Instansi terkait antara lain Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Instansi lainnya, Pramuka serta Ormas yang ada.

“Kekuatan personel gabungan tersebut nantinya akan di tempatkan pada Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, Pos Terpadu. Dan untuk wilayah Kota Bitung terdapat
1 Pos Pengamanan yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (K.E.K.),
3 Pos Pelayanan yang berlokasi di Terminal Bus Tangkoko, Pasar Girian, Pusat Kota Bitung sedangkan untuk 1 Pos Terpadu berlokasi di Terminal Penumpang Pelabuhan Samudera Bitung”, jelas Kapolres Bitung.(*)

Peliput/Editor : Lily Paputungan

Komentar

Rekomendasi Berita