oleh

Ketua Dewan Sulut dan Sterring Commite Saling Serang

A-TIMES, MANADO — Musyawarah Cabang (Muscab) IX Syarikat Islam (SI) Kota Manado yang digelar Sabtu, (12/6) kemarin harus berakhir saling serang argumen antara Ketua Dewan SI Sulut, Sultan Udin Musa dengan Ketua Sterring Commite, Mulyadi Parasana, setelah terpilihnya Azhar Aziz menakhodai SI Kota Manado.

Ketua Dewan SI Sulut menegaskan kalau hasil Muscab IX SI Kota Manado cacat hukum.  “Terpilihnya Azhar sebagai Ketua SI Manado tidak sesuai dengan AD/ART.

Sebagai calon ketua seharusnya sudah dibaiat atau anggota baiat itu adalah yang pernah menjadi pengurus pada semua tingkatan,” ujar Sultan.

Ia menambahkan, Azhar yang terpilih sebagai ketua tidak sah, karena Muscab IX SI Kota Manado cacat hukum. “Ketua SI Manado, Pak Sofyan saja mengakui kalau Azhar itu bukan anggota baiat, atau belum pernah menjadi pengurus SI.

Berita Terkait:  Bapera Sulut Santuni Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa

Saya sebagai Ketua Dewan SI Sulut mempertanyakan Azhar sebagai ketua terpilih,” jelasnya. Sultan juga meminta agar Ketua Pimpinan Wilayah SI Sulut, Machmud Turuis untuk segera menurunkan caretaker.

“Ikutilah AD/ART yang ada. Jangan nodai dan jangan buat bencana di SI. Saya sangat menyesalkan sikap panitia dan pengurus cabang yang telah menyalahi aturan,” akunya.

Sementara Ketua Streering Committe (SC) Muscab IX SI Kota Manado, Mulyadi Parasana membantah ucapan Sultan Udin Musa yang tidak mengakui terpilihnya Azar sebagai Ketua SI Kota Manado.

“Soal baiat harus dilihat secara objektif. Karena setiap Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) di Sulut melakukan baiat bersamaan dengan pelantikan,” ucapnya.

Mulyadi bahkan mengatakan kalau sebelum pelaksanaan muscab telah melakukan konsultasi dengan dengan Ketua Dewan SI Sulut dan Ketua Pimpinan Wilayah SI Sulut. “Ketua Dewan SI Sulut mengatakan tidak perlu dibaiat karena tidak ada dalam AD/ART.

Berita Terkait:  KAHMI Manado Tolak Pajak Sembako dan Pendidikan

Sementara Ketua Pimpinan Wilayah SI Sulut mengatakan, baiat dilakukan saat pelantikan saja,” terangnya. Menariknya lagi, Mulyadi bahkan menantang dan mempertanyakan status Sultan Udin Musa yang telah memberikan pernyataan di media massa.

“Apakah mewakili Dewan SI Sulut atau hanya pribadi. Sebab jika mewakili Dewan SI Sulut, seharusnya lewat forum rapat dulu. Padahal kami dari Dewan SI Manado belum memasukan laporan hasil muscab,” tutupnya.(rin/*)

Peliput/Editor : Saleh Nggiu
Layout             : Didit
Data                : berbagai sumber

Komentar

Rekomendasi Berita