Kelompok IKM Binaan Disperindag Manado Dilatih Prosedur dan Dokumentasi Perdagangan Luar Negeri

A-TIMES, MANADO—Pengembangan produk para pelaku komoditas Industri Kecil Menengah (IKM) terus dilakukan Dinas Perindusterian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Manado. Salah satunya dengan memberikan pelatihan Prosedur dan Dokumentasi Perdagangan Luar Negeri kepada 30 komoditas IKM binaan Disperindag Manado.

Para pemateri yang dihadirkan yakni dari Bea Cukai, Asisten I Pemkot Manado, Julises Oehlers, Kadis Perindag Manado, Hendrik Warokka dan salah satu pelaku usaha yang telah berhasil memasarkan produknya di pasar luar negeri. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membuka peluang pasar baru yang lebih luas, serta menumbuhkan investasi dan melebarkan cakupan pasar domestic produk Industri Kecil Menengah.

Kadis Perindag, Hendrik Warokka menjelaskan, tujuan pelatihan ini untuk menciptakan eksportir-eksportir baru dari Pelaku IKM yang ada di Kota Manado. “Tentunya kami berikan pengetahuan kepada pelaku IKM yang berorientasi ekspor untuk memahami prosedur memulai ekspor, mempermudah dan mempercepat akses untuk dapat mengekspor produk-produk unggulan pelaku IKM,” terangnya.

Berita Terkait:  NTP Sulut Naik 0,41 Persen
Berita Terkait:  Walikota: Fungsikan Pasar Sebagai Tempat Berjualan Bukan Tempat Tinggal

Lanjutnya, dalam pelatihan itu juga menyampaikan prosedur ekspor dan syarat ekspor bagi IKM, dan bahwa ekspor itu mudah. “Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menambah gambaran dan wawasan lebih jauh mengenai perdagangan luar negeri khususnya mengenai IKM,” ungkap Kadis Hendrik.(sal)

Komentar