Jenderal Moeldoko Pilih Kota Bitung Monitor Program Pusat

Peliput/Editor: Lily Paputungan

 

A–TIMES,BITUNG– Kepala Staf Kepresiden RepubIik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, S.I.P  berkunjung ke Kota Bitung, Kamis (15/12/2022).

Kedatangan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dan rombongan diterima  Wali Kota Bitung Maurits Mantiri di Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung (PPS), Kota Bitung.

Moeldoko bermaksud monitoring dan evaluasi program prioritas nasional Bidang Kemaritiman serta diskusi dengan para pelaku usaha perikanan dan nelayan.

Dia menyampaikan  saat ini dunia sedang hadapi krisis global. Yakni krisis terhadap pangan, krisis energi, dan krisis keuangan global.

Kepala KSP Jend (purn) Moeldoko dan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri di Bitung Kamis (15/12)

“Untuk itu, saya hadir di Kota Bitung dalam upaya monitoring berbagai program pemerintah pusat. Sektor Perikanan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pangan,” ucapnya.

Menurutnya, pusat  bekerja ekstra supaya angka kemiskinan ekstrem turun.

“Tiga strategi yang dilakukan adalah mengurangi biaya pengeluaran masyarakat seperti pasar murah yang dilakukan ataupun subsidi BBM dan lainnya, Kemudian meningkatkan pendapatan masyarakat dengan insentif oleh Pemerintah Pusat kepada UMKM serta perbaikan infrastruktur,” tandas Moeldoko.

Berita Terkait:  Turun Satu Level, Operasi Yustisi Masih Rutin Digelar di Kota Bitung

Sementara Itu, Wali Kota Bitung  Ir Maurits Mantiri   mengatakan bahwa Kota Bitung merupakan sentra perikanan nasional. Punya karakteristik dan struktur komponen industri perikanan seperti proses eksploitasi berupa penangkapan/ berburu (hunting).

“Komoditas utama dengan unggulan Ikan Cakalang, industri primer yang berkembang, penangkapan, pengolahan, dan perdagangan untuk tujuan ekspor, sementara untuk kelompok pelaku ada nelayan kecil, nelayan industri, pengusaha kapal tangkap, pengusaha pengolah ikan dan jasa usaha pendukung,” jelasnya.

Ia  juga membeberkan saat ini melalui kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Bitung, telah berjalan program Outlet Dekat Sarana Kelautan (ODSK) dalam rangka mempermudah dan memaksimalkan pelayanan perizinan bersama untuk sektor perikanan di kota Bitung.

Berita Terkait:  Dondokambey Kukuhkan Pengurus PB ESI Bitung

“Pengurusan izin kapal mesin berkapasitas diatas 30 GT kini bisa dilakukan di Kantor Dinas Perikanan Kota Bitung yang sebelumnya harus dilakukan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara yang berkedudukan di Kota Manado,” tukasnya.

Hadir dalam Kegiatan, Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta, Tenaga Ahli Utama Kedeputian I Helson Siagian, Tenaga Ahli Utama Kedeputian I Alan Frendy Koropitan, Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Agung Rulianto, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Ir. Muhammad Zaini MM beserta jajaran, Unsur Forkopimda Kota Bitung, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr. Tineke Adam, Executive General Manager Pertamina Edwin Dwiyanto, Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung, dr. Adichandra para pelaku usaha perikanam dan lainnya.(*)

 

Komentar