oleh

EURO 2020: Catatan Timnas Italia Lolos ke 16 Besar

A-TIMES.ID, JAKARTA – Timnas Italia dipastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai juara grup setelah pada laga terakhir babak penyisihan mengalahkan Wales 1-0. Kemenangan itu membuat skuad Azzurri memiliki catatan mengesankan pada babak penyisihan.

Italia memuncaki Grup A dengan memperoleh tiga kemenangan. Mereka menjadi tim pertama yang meraih poin sempurna, namun berpeluang disamakan oleh Belgia dan Belanda yang baru bermain dua kali.

Skuad asuhan Roberto Mancini juga memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 30 laga di semua kompetisi. Italia terakhir kali memperoleh kekalahan pada laga UEFA Nations League kontra Portugal 10 September 2018.

Catatan itu membuat Mancini menyamai rekor tak terkalahkan Italia yang terjadi di era 1930-an. Saat itu Azzurri juga mencatatkan 30 laga tak terkalahkan di bawah asuhan Vittorio Pozzo.

Timnas Italia juga tercatat sebagai satu dari dua tim yang belum pernah kebobolan di ajang Euro 2020. Satu tim lainnya adalah Swedia yang baru bermain dua kali.

Berita Terkait:  Yann Sommer Cetak Sejarah

Bahkan, Gianluigi Donnarumma tak pernah memungut bola dari gawangnya dalam 11 laga terakhir. Italia terakhir kali kebobolan saat menghadapi Belanda di UEFA Nations League 14 Oktober 2020 saat kedua tim bermain imbang 1-1. Donny van de Beek menjadi penyelamat Belanda dengan mencetak gol balasan setelah sebelumnya mereka tertinggal lewati gol Lorenzo Pellegrini.

Lini depan Italia juga tampil sangat apik. Mereka tercatat mencetak tujuh gol dari tiga laga babak penyisihan. Hebatnya, tak ada satu pun pemain yang mendominasi perolehan gol itu.
Ciro Immobile dan Manuel Locatelli menjadi pencetak gol terbanyak mereka dengan masing-masing mencetak dua gol sementara dua gol lainnya dicetak oleh Lorenzo Insigne, Matteo Pessina dan satu gol bunuh diri bek Turki, Merih Demiral. Dengan begitu, Italia tampak tak bebrgantung pada satu atau dua pemain saja untuk menjebol gawang lawan.

Berita Terkait:  Modric Fantastis, Selamatkan Kroasia

Mancini juga membawa Italia mencatatkan raihan terbaik mereka di babak penyisihan grup Euro dengan rekor tiga kemenangan dan selisih gol 7-0. Catatan terbaik mereka sebelumnya adalah pada Euro 2000 dengan tiga kemenangan dan selisih gol 6-2.
Timnas Italia akan didampingi oleh Wales sebagai perwakilan Grup A ke babak 16 besar. Swiss yang berada di posisi ketiga dengan perolehan empat angka masih mungkin lolos dengan memperebutkan empat tiket posisi ketiga terbaik.
Dengan menjadi juara Grup A, Timnas Italia akan berhadapan dengan runner-up Grup C pada babak 16 besar Euro 2020. (***)

Editor: Idham Malewa
Layout : Syamsudin Hasan
Sumber: Tempo

Komentar

Rekomendasi Berita