oleh

Bitung Optimis Masuk SDGs dan Kota Berinovasi Digital

Peliput/Editor: Lily Paputungan

 

A-TIMES, BITUNG–Kota Bitung masuk dalam 30 besar kota terbaik se-Indonesia dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Untuk indikator SDGs ada 17 goal yang di tanyakan dan semua jawaban harus di sertai dengan dokumen yang lengkap.

Dari 17 goal itu, ada 2 goal yang bukan kewenangan pemda melainkan kewenangan provinsi yakni goal ke-14 terkait life below water dan goal 15 terkait life on land. Kota Bitung berhasil memikat juri dengan visi dan misi Walikota, Maurits Mantiri dan Wakil Walikota, Hengky Honandar, untuk menjadikan Bitung Kota Digital dan rencana pengelolaan sampah otomatisnya menaikan skor keseluruhan.

Berita Terkait:  Mantiri Suport Kehadiran Tim Teknis

Program RUANG SEPAKAT berhasil memikat para juri, dan peluncuran Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Masyarakat (PIKM) juga menunjukkan komitmen pemerintah kota menjadikan Bitung sebagai kota berbasis Inovasi dan Digital.

Proses seleksi ini dilakukan dalam rangka pemberian penghargaan melalui kerjasama Kementerian PPN atau Bappenas, PT. Surveyor Indonesia, dan APEKSI dalam program yang disebut I-SIM for Cities. Para Juri yang melakukan seleksi terdiri dari para ahli dalam berbagai bidang, mulai dari Ekonom Sumber Daya Lingkungan, Staf Khusus Presiden RI, Duta Pembangunan Berkelanjutan, Media dan Perwakilan sektor swasta.

Berita Terkait:  Mantiri Sebut H2M Berjasa Besar

Dari 30 besar tersebut, akan dipilih 3 Kota Terbaik yang akan diberikan penghargaan langsung di Istana Negara Bogor, pada tanggl 30 November 2022 nanti. “Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak dan instansi terkait yang sudah berkolaborasi dalam rangka kelengkapan segala dokumen yang di butuhkan, sehinggah Kota Bitung bisa masuk 30 besar, dan Semoga Kota Bitung bisa di pilih menjadi 3 Kota terbaik nantinya.” tambah Maurits.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita