ASA Selalu Ada Saat Dibutuhkan, Donorkan Darah untuk PMI Boltim

A-TIMES.ID,KOTABUNAN-  Kehadiran PT ASA di Kotabunan,  Bolmong Timur telah memberi dampak positif.

Apa saja aksi sosial di Kotabunan apalagi di seputar lingkar tambang, karyawan ASA  selalu membantu.

Salah satu bukti, acara aksi kemanusiaan  di Puskesmas Kotabunan, pagi hari (03/02/2024).

Di Puskesmas kelihatan kesibukan yang tidak biasanya. Ternyata ada kegiatan transfuri darah. Para petugas puskesmas dan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kotamobagu sedang menyiapkan perlengkapan.

Hari itu serombongan karyawan PT Arafura Surya Alam (PT ASA) mendonorkan darah mereka.

“Saya yakin bahwa sumbangan sedikit darah saya dapat menyelamatkan jiwa saudara kami di Boltim,” ujar Gloria Lumempouw salah seorang karyawan pagi itu penuh semangat.

Ada 70 an karyawan dan mitra PT ASA hari itu ia datang untuk mendonorkan darah dalam rangkaian kegiatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional.

Berita Terkait:  Yasti Sambangi Kediaman Mantan Kepala Kemenag Bolmong dan Sangadi

Langkah kecil Gloria dan kawan-kawan ini semoga dapat sedikit banyak membantu. Di Kabupaten Boltim memang diperlukan darah dari pendonor mengingat kebutuhan darah rata-rata setiap hari sekitar 35 kantong.

Jumlah ini lebih banyak daripada stok darah yang tersedia. Jika ada pasien yang membutuhkan darah dan tidak dapat dipenuhi PMI Kotamobagu, keluarga harus berusaha mencari sendiri dari kerabat dan keluarga.

Hartono petugas PMI menjelaskan proses pengelolaan dan penyimpanan darah harus sangat hati-hati agar kualitasnya layak untuk diberikan kepada pasien. Darah yang diperoleh harus segera disimpan di kotak pendingin khusus di PMI Kotamobagu tidak boleh lebih dari 5 jam setelah didapatkan dari tubuh pendonor.

Berita Terkait:  Kecabjari Dumoga Mulai Terapkan Restorative Juctice

Direktur UTD PMI Kotamobagu dr. Sarif Djojosuroto menyampaikan penghargaan tinggi kepada PT ASA atas penyelenggaraan donor darah ini. Ia berharap PT ASA melanjutkan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin setidaknya 4 bulan sekali.

Ketika kegiatan donor darah itu ditutup, setelah melalui seleksi, 60 kantong darah berhasil diperoleh. Karyawan PT ASA dan petugas PMI itu terlihat cerah meskipun terlihat letih. Mereka gembira karena membayangkan langkah ini akan membantu pasien yang membutuhkan darah.(lyp)

 

 

Komentar