oleh

Adakan Job Fair, Kiat Pemkot Bitung Pangkas Pengangguran

Peliput/Editor: Lily Paputungan

A–TIMES,BITUNG—Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung putar kepala atasi tingkat pengangguran. Solusinya didapat. Mengajak kolaborasi perusahaan di Bitung supaya membuka lowongan kerja secara massal.

Alhasil Pemkot Bitung dan perusahaan menggelar Bursa Kerja (Job Fair) di depan Kantor Wali Kota Bitung, Sabtu (3/9/2022).

Seperti diduga, job fair  diserbu pencari kerja (pencaker).
Para pengangguran langsung memasukkan lamaran ke sejumlah perusahan yang ikut sebagai peserta sejak pagi.

“Ada 19 stan perusahan yang membuka lowongan. Termasuk lapangan kerja di kapal pesiar menjadi incaran yang banyak didatangi pencari kerja,” kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri.

Berita Terkait:  Kejari Bitung Serukan Kepastian Hukum di HBA ke 62

Para pencaker antre dengan sabar di setiap stan perusahan. Mereka tak peduli meski kulitnya terpanggang matahari. Kali ini perusahaan menyediakan sebanyak 424 lowongan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bitung Rahmat Dunggio mengatakan, hari pertama job fair ini diperkirakan dipadati 1.000 pencari kerja.
Menurut Rahmat, para pencari kerja didominasi usia produktif yakni, mulai 18 sampai 35 tahun dengan berbagai latar belakang pendidikan.

“Job Fair ini nanti kita akan lanjutkan pada Senin, 5 September 2022 di Tribun Kantor Wali Kota Bitung,” katanya.
Rahmat menjelaskan, membludaknya peminat bursa kerja ini sejak awal sudah diprediksi. Lantaran sudah beberapa tahun tidak dilakukan karena pembatasan sosial pandemi Covid-19.
“Target kita 424 lowongan kerja ini dapat diterima perusahan. Harapan kami job fair ini dapat mengurangi angka kemiskinan di Kota Bitung setiap tahun,” jelasnya.
Sementara sejumlah pencari kerja berharap dapat diterima di perusahan yang dituju meski mereka baru pertama kali mengajukan lamaran.” Semoga saja kami diterima sebagai karyawan,”pinta sejumlah pencari kerja yang baru saja lulus SMK.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita