oleh

Tinangon Ingatkan Pentingnya Demokrasi dan Wawasan Kebangsaan

Peliput: Lily Paputungan

A-TIMES, MANADO–Ketua KPU Sulut, Meidy Tinangon menjadi narasumber kegiatan Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Penguatan Ideologi Kebangsaan dan Wawasan Kebangsaan yang digelar Direktorat Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri melalui kerjasama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANAS RI), Jumat (27/2) akhir pekan lalu yang digelar di Aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam kesempatan itu, Tinangon memaparkan materi mengenai Demokrasi dan Wawasan Kebangsaan, ‘Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa’. Tinangon mengatakan Konsep ideologi kita bermuara pada pancasila dimana ideologi dipahami sebagai konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup, cara berpikir seseorang atau suatu golongan, serta sebagai paham, teori, dan tujuan dalam konteks berbangsa dan bernegara.

Berita Terkait:  Gubernur OD Jadi Pemateri Stadium General IPDN

Kemudian Tinangon juga menjelaskan prinsip pemilu dan ideologi bangsa serta wawasan kebangsaan memiliki keterkaitan yang erat, pada aspek pelaksanaannya Pemilu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

‘’Berbicara tentang pemilu sebagai sarana Integrasi tak lepas dengan tantangan-tantangan yang mengancam integrasi. Seperti diketahui bahwa pemilu sebagai arena konflik yang terlembaga, dimana setiap kekuatan politik berkompetisi akan berpotensi adanya gesekan-gesekan baik di dunia nyata dan dunia maya. Selain itu adanya politik identitas dan pertarungan ideologi, hoax dan ujaran kebencian serta politik transaksional”, ungkap Tinangon.

Berita Terkait:  Wagub: Capaian Investasi Sulut Bukan Hoax

Ia juga menambahkan tahapan pemilu 2024 dan kegiatan tahapan yang sedang dilaksanakan oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se- Sulawesi Utara. “KPU Sulut mengajak setiap ormas untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan setiap tahapan pemilu, menjaga persatuan bangsa di tengah perbedaan, mari mewujudkan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa,” tegasnya.

Narasumber lain nampak tenaga ahli bidang ideologi LEMHANAS RI, Albertus Magnus Putut Prabantoro, Kepala Bagian Kesbangpol Sulut Fery Sangian dan Anggota Bawaslu Sulut Zulkifli Densi serta perwakilan Direktorat Polpum Kemendagri.(*)

Komentar