Peran Media Perkuat Kepercayaan Publik Terkait Hasil Pilkada

 

PROAKTIF: Dian Permata salahsau Pembicara pada media gatehring(*)

banner

A–TIMES.MANADO– Peran Media sangat penting untuk ikut mengawasi jalannya   Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada). Media juga sangat cepat mendeteksi tanda-tanda awal dari potensi pelanggaran melalui peliputan yang jujur dan investigatif. Hal ini dikatakan peneliti dan pegiat pemilu Dian Permata saat media gathering Bawaslu Sulut di Swissbel Hotel Jumat(14/6/2024). Ia menamabahkan Media sebagai dan alat untuk mempublikasikan dan juga sebagai Pengawasan Pilkada. Dengan adanya  media gethering ini adalah langkah strategis dari Bawaslu untuk meningkatkan sinergitas dengan media dalam upaya pencegahan pelanggaran Pilkada. Ia mengupas tuntas  soal bagaimana  media dapat berperan sebagai early warning ” Selain sebagai alat dan corong publikasi  juga sebagai Pengawasan Pilkada,” bebernya. Ditegaskannya pula media gethering ini adalah langkah strategis dari Bawaslu untuk bermitra dengan media dalam upaya pencegahan pelanggaran Pilkada. Dengan adanya laporan media yang akurat dan tepat waktu, Bawaslu bisa merespons lebih cepat terhadap ancaman-ancaman terhadap integritas pemilu,” pungkasnya.

Berita Terkait:  KPU ingatkan Iklan di Media Nanti 21 Januari 2024

Ia juga menambahkan bahwa partisipasi aktif media dalam proses pemilu tidak hanya memperkuat pengawasan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap hasil Pilkada.

Berita Terkait:  Media Gathering  KPU Mando,Semua Sepakat Sukseskan Pilkada 2024

“Ketika media berperan aktif dalam pengawasan, masyarakat juga akan merasa lebih yakin bahwa proses pemilu berjalan dengan transparan dan akuntabel,” jelas Permata.

Ia juga menambahkan pentingnya pelatihan bagi jurnalis untuk memahami aspek-aspek krusial dalam pemilu sehingga mereka dapat melaporkan dengan objektivitas dan kejelasan.” Regulasi dan pengetahuansoal kepemiuan harus dikuasai para jurnalis,investigasi dengan begitu mereka jadi Mata dan telinga publik yang benar benar akurat dan bisa dipertanggungjawabkan,” tambahnya.(*)

Komentar