oleh

Bentuk Timsus PBB, Wali Andre Duga Laporan Tidak Sesuai

editor/peliput: Saleh Nggiu

A-TIMES, MANADO—Rapat kerja pencapaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dipimpin Wali Kota Manado, Andrei Angouw (AA) dan Sekretaris Kota, Dr Micler Lakat SH MH bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Manado akan segera membetuk Tim Khusus (Timsus) Identifikasi Pengenaan PBB.

AA sapaan akrab wali kota dalam arahannya meminta Bapenda membantu ketua-ketua lingkungan di lapangan.

“Harus dibantu oleh Bapenda dalam rangka identifikasi pengenaan PBB. Saya meminta untuk identifikasi pengenaan PBB di lapangan terutama luas bumi/tanah dan luas bangunan,” tegasnya.

Berita Terkait:  Wawali Lantik 5 Pejabat Kecamatan dan Kelurahan

Wali kota juga meminta agar total tagihan PBB dalam kaitan ini harus dihitung sesuai peruntukan. “Ini penting supaya kita mendapatkan data yang valid. Begitupun Nilai Objek Pajak (NOP) yang ada di lapangan baik untuk warga masyarakat maupun lahan bangunan pihak swasta termasuk para pengembang Perumahan,” kata Andrei.

Begitupun terkait bagaimana ketika menemukan di lapangan adanya ketidakpatuhan pembayaran PBB. “Kita perlu membentuk timsus untuk melakukan identifikasi terhadap pengembang untuk mencek dilapangan kondisi lahan termasuk bangunan sehubungan dengan penetapan pajak khususnya PBB,” ungkap orang nomor satu di Kota Manado ini.

Berita Terkait:  PLN UIW Suluttenggo Buka Puasa Bersama Wartawan

Pada kesempatan itu wali kota juga meminta ada termin waktu pelaksanaan kerja-kerja dilapangan. “Buatlah konsep kerja, supaya setiap step dapat kita ketahui dan dapat kita ukur sekaligus kita tau capaianya. Pemukiman umum akan melibatkan ketua-ketua lingkungan, sementara yang khusus seperti pengembang perumahan dan usaha akan ditangani tim khusus,” ujar Andrei.(***)

Komentar

Rekomendasi Berita