oleh

Akan Difilmkan, Tari Dangisa Bolsel Masuk Budaya Nasional

Peliput: Hendra Pabela

A-TIMES, BOLSEL- Warisan seni budaya milik Bolmong Selatan (Bolsel) pelan pelan mulai muncul di permukaan. Kali ini seni tari Dangisa. Sebuah tarian pertunjukan yang  berhasil lolos dalam proses kurasi usulan ke-2 warisan budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI.

Tarian Dangisa lolos usulan Warisan Budaya Tak Benda tahap ke-2 yang dilaksanakan pada 19-22 Juli 2022 lalu. Kemudian ditindaklanjuti Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulut, untuk dibuat film bentuk dokumenter guna pelestarian dan upaya promosinya.

“Sebagai informasi, beberapa waktu lalu tim dari BPNB Sulut berkunjung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel dalam rangka persiapan pembuatan film dokumenter Tari Dangisa,”kata Kepala Bidang Kebudayaan Rizal Achmadi di guangannya.

Berita Terkait:  Bupati-Wabup Buka ANBK Kabupaten Bolsel

Sementara itu, Kepala Dinas dan Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel Rante Hattani, S.Pd M.Si memberikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian dalam bidang seni dan budaya ini.
“Hal ini perlu diapresiasi ya, Ini sebuah capaian yang luar biasa bagi Kabupaten Bolsel. Kami bangga bisa membantu pendampingan proses pelestarian Tari Dangisa hingga sampai dibuatkan Filmnya,” ucapnya dengan semangat.

Tim dari Bidang Kebudayaan siap membantu proses pembuatan film dokumenter hingga selesai.
Menurut rencana, salah satu lokus pengambilan scene film dokumenter akan dilaksanakan di depan reruntuhan bekas mahligai kerajaan Bolango (Kompleks Dinas Pariwisata Saat Ini).

Berita Terkait:  DPRD Bolsel Paripurna RKUA- PPAS TA 2022

Perlu diketahui bahwa Tari Dangisa merupakan satu-satunya seni pertunjukan orisinil suku endemik Bolango yang eksistensinya masih terus bertahan hingga saat ini. Dulunya tarian ini dimainkan oleh sekelompok pria guna menyambut para raja dan ksatria pada saat pulang dari tugas penting maupun dari peperangan.

Namun seiring berjalannya waktu tarian ini kemudian dimainkan di upacara-upacara adat, kegiatan kemasyarakatan, hingga berbagai festifal yang dilaksanakan di Bolsel.Formasi koreografi gerakan hingga background syair berbahasa Bolango mengiringi tarian.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita