oleh

Komisariat Polimdo-Hukum HMI Manado Bedah Film KPK The End Game

A-TIMES.ID, MANADO – Kisruh di internal KPK terkait diberhentikannya sejumlah pegawai dengan dalih tak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), akhirnya di dokumentasikan menjadi sebuah film dokumenter berjudul ; KPK and Game.

Kehadiran film ini cukup mengundang keprihatinan kelompok aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado, khususnya Komisariat Politeknik Manado dan Hukum, dengan menggelar nonton bareng dan bedah film pada MinggU (13/6) lalu, di salah satu Cafe, Jalan Kasuratan, Buha Politeknik Manado.

Penggiat Demokrasi, Immanuel Mahole. ikut memberikan penilaiannya terhadap film tersebut, terutama tentang pertanyaan menjebak dalam tes wawasan kebangsaan (TWK).

“KPK dengan maksud peralihan status pegawai KPK menjadi ASN, subtansi pertanyaannya mengandung unsur diskriminasi. Dan juga, jika memang 75 pegawai dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), seharusnya sistim penilaiannya transparan, agar TWK tidak menimbulkan kesimpang siuran,” tegasnya.

Berita Terkait:  Dana BOS SDN 83 Manado (Diduga) Tak Tepat Sasaran

Begitupun ditambahkan Demisioner Pengurus HMI Cabang Manado, Andy Rezky bahwa 1.351 pegawai yang mengikuti TWK mengundang polemik secara internal maupun eksternal.

“TWK merupakan cara untuk menghabisi kerja para pejuang yang bersungguh-sungguh dalam pemberantasan korupsi. Ini adalah tanda-tanda hilangnya reformasi dan siap-siap Indonesia akan tetap menjadi negara berkembang karena korupsi merajalela. Pejuang KPK sudah tidak lagi berjuang secara sungguh-sungguh dalam memberantas korupsi,” jelasnya.

Ketua Umum HMI Cabang Manado Komisariat Polimdo Riansyah Putra Razak, juga memberikan sedikit amatannya terkait film kontroversi itu. Menurut Rian, apa yang dialami KPK saat ini bukanlah sesuatu yang terjadi secara kebetulan.

Berita Terkait:  Radinal : Kualitas Pemilih Lebih Penting Dibanding Kuantitas

“Patut diduga ada tangan-tangan tak terlihat (invisible hand) yang hendak melemahkan KPK dengan cara menyingkirkan para pegawai yang berintegritas dengan dalih tak lulus Tes Wawasan Kebangsaan,” tandasnya.

Diketahui, moderator nonton bareng dan bedah film KPK The End Game, Ary Mokoagow yang juga Wasekum Bidang PA, Komisariat Politeknik serta dihadiri Ketua Umum Komisariat Politeknik, Riansyah Putra Razak, bersama jajaran pengurus, Ketum Kohati Komisariat Politeknik, Magvira Arbie, Ketum Komisariat Hukum, Aditya Ciputra Kalo dan jajaran pengurus, serta jajaran pengurus HMI Cabang Manado. (***)

Komentar

Rekomendasi Berita