2024 Liga Champions Pakai Format Baru

UEFA resmi menerapkan format baru di Liga Champions, dan mulai berlaku pada musim 2024/2025. Nantinya, di Liga Champions musim tersebut hingga ke depan bakal ada penambahan jumlah peserta.

Dengan adanya perubahan ini, maka jumlah kontestan babak penyisihan grup Liga Champions mulai musim 2024/2025 akan bertambah dari 32 menjadi 36 tim.

Dalam format baru ini, masing-masing tim akan memainkan delapan pertandingan dalam 10 matchday pada penyisihan grup dengan model klasemen liga tunggal.

Sebelumnya, UEFA sempat berencana memberikan slot tambahan terhadap klub-klub yang memiliki kejayaan Eropa di masa lalu. Namun, rencana itu akhirnya dibatalkan.

“UEFA telah dengan jelas menunjukkan hari ini bahwa kami berkomitmen penuh untuk menghormati nilai-nilai fundamental olahraga dan untuk mempertahankan prinsip utama kompetisi terbuka, dengan kualifikasi berdasarkan prestasi olahraga, sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai dan model olahraga Eropa berbasis solidaritas,” ujar presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Berita Terkait:  MU Disarankan Jual CR-7

“Kami yakin bahwa format yang dipilih akan mencapai keseimbangan yang tepat dan akan meningkatkan keseimbangan kompetitif dan menghasilkan pendapatan yang solid yang dapat didistribusikan ke klub, liga, dan sepak bola akar rumput di seluruh benua kami sambil meningkatkan daya tarik dan popularitas kompetisi klub kami.

“Dengan demikian, babak kualifikasi akan tetap murni berdasarkan kinerja olahraga dan impian untuk berpartisipasi akan tetap ada untuk semua klub.”

Kini, UEFA memutuskan bahwa dua slot tambahan akan diberikan kepada klub dari negara yang berprestasi paling bagus di kompetisi Eropa musim sebelumnya.

Berita Terkait:  Lokasi Final UCL Terancam Pindah Tempat

Artinya, jika misalnya aturan ini diterapkan mulai musim depan, maka Premier League Inggris dan Eredivisie Belanda akan mendapat satu slot ekstra di Liga Champions.

Slot tambahan ketiga rencananya akan diberikan kepada peringkat ketiga liga dari negara yang menempati peringkat lima dalam ranking koefisien UEFA.

Sementara itu, slot tambahan keempat akan diberikan kepada juara liga domestik dari negara yang berpartisipasi dalam babak kualifikasi dari ‘Jalur Juara’.(rin/*)

Editor   : Redaksi
Layout  : Didit
Sumber : bola.com

Komentar